Kampung Hijau Pertamina Berdayakan Masyarakat Ternate Dapatkan Penghasilan Tambahan

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Senin, 21 September 2020 10:44 WIB

Rusydi, Penyuluh Pertanian Kampung Hijau Pertamina.

TERNATE, BANGSAONLINE.com - Kampung Hijau Pertamina bersama Kelompok WanitaTani (KWT) Bougenville Tubo menggelar Pelatihan Pengendalian Hama dan Penyakit di KelurahanTubo, Ternate Utara, Selasa (15/09).

KWT Bougenville Tubo merupakan binaan Pertamina DPPU Baabullah dan Dompet Pendidikan. Melalui program ini, anggota KWT Bougenville Tubo dikenalkan dengan metode penanaman lebih dari satu tanaman pada waktu yang bersamaan di lahan terbatas.

Penyuluh Pertanian Kampung Hijau Pertamina, Rusydi mengatakan, pendampingan dilakukan rutin dan pelatihan dengan ragam tema seputar pertanian dihelat secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas anggota KWT Bougenville Tubo, sehingga mereka bisa berdaya dan memperoleh tambahan penghasilan.

Kampung Hijau Pertamina membawa angin segar di tengah masa sulit pandemi Covid-19 seperti sekarang. Kampung Hijau Pertamina, terus melakukan improvisasi dan inovasi agar masyarakat sekitar merasakan manfaat besar adanya program ini.

“Sebelumnya anggota KWT Bougenville Tubo telah mendapatkan pelatihan sejenis. Hanya saja materi ini menjadi penting untuk dipahami dan dikuasai, sebab dengan berkurangnya hama akan memberikan hasil lebih maksimal ketika diimplementasikan di lapangan," kata Rusydi dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE, Senin (21/9/2020),.

Pertamina DPPU Baabullah dan Dompet Dhuafa Pendidikan terus berkomitmen menjadikan Kelurahan Tubo sebagai salah satu percontohan program, supaya masyarakat sekitar Ternate Utara sadar akan pentingnya penghijauan lingkungan, pemanfaatan lahan, dan ketahanan pangan.

Rusydi menuturkan, pelatihan dan pendampingan Kampung Hijau Pertamina akan terus ditingkatkan dan tanaman yang ditanam akan lebih beragam.

Kampung Hijau Pertamina bukan hanya memberikan program pelatihan dan pendampingan dari mulai proses tanam, pupuk, mengenal jenis obat-obatan untuk tanaman saja, tetapi juga mengembangkan kolaborasi antara anggota KWT Bougenville Tubo, masyarakat dari kelurahan lain, dan pemerintahan setempat.

“Kampung Hijau Pertamina dinilai berhasil di masyarakat, perkebunan di sekitar rumah dan kebun komunal Tubo memberi dampak positif bagi masyarakat. Saya ingin ke depannya anggota KWT Bougenville Tubo mengaplikasikan apa yang sudah didapat dan memberikan dampak positif baik bagi daerahnya dan lingkungannya,” jelas Rusydi. (*)