Hari Ketiga Eskavasi Situs Patakan, Tim BPCB Jawa Timur Temukan Sejumlah Keunikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Ketiga Eskavasi Situs Patakan, Tim BPCB Jawa Timur Temukan Sejumlah Keunikan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Rabu, 23 September 2020 14:17 WIB

Arkeolog BPCB menunjukkan guratan-guratan dan relief yang ada di Situs Patakan. (foto: TRIWIYOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Eskavasi Situs Patakan memasuki hari ketiga. Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mengungkapkan bahwa Situs Patakan merupakan sesuatu yang unik dan baru pertama kali ditemukan di Jawa Timur.

Arkeolog , Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, keunikan arsitektur Situs Patakan yang terletak di Dusun Montor, Desa Patakan, Kecamatan Sambeng tersebut mulai terlihat ketika proses ekskavasi memasuki hari ketiga.

"Sampai hari ini, kita mendapati banyak keunikan, salah satu keunikannya adalah arsitektur bangunan. Apakah ini sebuah bangunan candi, wihara, atau semacam altar yang cukup besar," katanya, Rabu (23/9/2020).

Setelah berhasil membuka beberapa bagian dari bangunan, lanjut Wicaksono, terlihat adanya relief serta guratan-guratan pada bangunan utama. Selain itu, juga terlihat bingkai meski sudah aus termakan usia.

"Ada relief tapi sudah aus, ada guratan-guratan dan juga bingkai, tapi juga sudah aus," lanjutnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video