Lahan Rusak Akibat Proyek Museum HAM Munir, Pemilik Minta Ganti Rugi Rp 99 Juta | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lahan Rusak Akibat Proyek Museum HAM Munir, Pemilik Minta Ganti Rugi Rp 99 Juta

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Rabu, 23 September 2020 15:54 WIB

Lahan warga yang terdampak pembangunan Museum HAM Munir.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Gara-gara lahan pertaniannya rusak terdampak proyek Museum HAM Munir, dua petani asal Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, yakni M. Yusuf dan Agus Budiyanto, menuntut ganti rugi kepada pelaksana proyek senilai Rp 99 juta.

Dalam surat tuntutannya yang diketahui Wagimun Sugiyanto, Ketua Kelompok Tani Kelurahan Sisir, M. Yusuf menuliskan bahwa tanaman bawang putihnya yang terdampak seluas 1 petak dengan asumsi hasil panen 8 kuintal. Jika dijual bisa mencapai Rp 16 juta. Selain itu kompensasi lahan karena tidak bisa tanam dalam tiga kali musim senilai Rp 48 juta.

Sedangkan Agus Budiyanto mengaku dirugikan dengan rusaknya bunga kol sebanyak 5.000 tanaman yang harganya Rp 1.750 per tanaman, sehingga totalnya Rp 8,7 juta. Serta kompensasi tidak bisa tanam 3 kali panen yang ditaksir mencapai Rp 26,2 juta.

Sejumlah tokoh Kelurahan Sisir membenarkan adanya laporan dua petani tersebut. Bahkan, surat laporan itu sudah beredar luas di media sosial Facebook warga RW 06 Kelurahan Sisir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   museum ham munir

Berita Terkait

Bangsaonline Video