Empat Pasangan Calon Kepala Daerah Blitar Raya Resmi Ditetapkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Empat Pasangan Calon Kepala Daerah Blitar Raya Resmi Ditetapkan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 23 September 2020 17:02 WIB

Penetapan Paslon Pilwali Blitar 2020 di Kantor KPU Kota Blitar. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pilkada Kabupaten dan Kota Blitar 2020 dipastikan bakal mempertemukan dua pasangan calon (paslon). Baik di Kabupaten maupun Kota Blitar, paslon kepala daerah akan bertarung secara head to head.

Di Kota Blitar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menetapkan dua paslon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilwali Blitar 2020. Mereka adalah pasangan Santoso-Tjutjuk Sunario dan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, penetapan kedua paslon dilakukan dalam pleno tertutup sesuai dengan amanat PKPU No. 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan di Masa Bencana Nonalam. "Jadi penetapan kami lakukan secara tertutup untuk menghindari adanya kerumunan massa," ujar Umam, Rabu (23/9/2020).

Ia menjelaskan, di masa pandemi Covid-19, KPU sebagai penyelenggara pilkada menerapkan protokol kesehatan yang ketat di setiap tahapan. Hal ini dilakukan agar tidak timbul klaster pilkada. Meski dilakukan tertutup, KPU tetap mengumumkan hasil penetapan paslon ke masyarakat. "Hasil penetapan ini kita umumkan lewat website dan media sosial KPU," imbuhnya.

Kedua paslon yang ditetapkan oleh KPU Kota Blitar dinyatakan telah memenuhi syarat menjadi calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilwali Blitar 2020. Setelah ditetapkan, kedua paslon akan mengikuti pengundian nomor urut pada 24 September 2020.

Sementara di Kabupaten Blitar, dua paslon yang ditetapkan adalah Rijanto-Marhaenis Urip Widodo dan Rini Syarifah-Rahmat Santoso. Sama seperti di Kota Blitar, penetapan juga dilakukan tertutup. Bahkan, untuk KPU Kabupaten Blitar dilakukan pengamanan ketat dengan menutup ruas jalan sekitaran Kantor KPU Kabupaten Blitar sejauh 6 kilometer selama pelaksanaan penetapan oleh Satlantas Polres Blitar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video