​Resmikan Kantor Kas Perumda BPR Bank Kota Kediri, Wali Kota Berharap Masyarakat Bebas dari Rentenir

Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 26 September 2020 20:59 WIB

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar didampingi Direktur Utama Perumda BPR Bank Kota Kediri, Sugianto saat menggunting pita sebagai tanda peresmian penggunaan gedung baru kantor kas Perumda BPR Bank Kota Kediri yang berada satu kompleks dengan kantor Kecamatan Pesantren, Kamis (24/9). foto: ist/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan penggunaan gedung baru kantor kas Perumda BPR Bank Kota Kediri yang berada satu kompleks dengan kantor Kecamatan Pesantren, Kamis (24/9) lalu. Sebelumnya lokasi kantor kas tersebut terletak di wilayah Kelurahan Tempurejo. 

Saat meresmikan penggunan gedung baru itu Wali Kota didampingi Direktur Utama Perumda BPR Bank Kota Kediri Sugianto, Kepala Bagian Perekonomian Zachrie Ahmad, dan Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri berharap BPR Bank Kota Kediri sebagai bank pemerintah, dapat membantu masyarakat terbebas dari rentenir dengan memberikan bantuan pinjaman dan bunga yang ringan.

“Saya ingin sampaikan bahwa Perumda BPR Bank Kota Kediri ini buka kantor kas di Kecamatan Pesantren yang tadinya berada di Tempurejo. Di sini tempatnya saya rasa representatif, namun menyatu dengan kantor Kecamatan Pesantren, jadi harus sedikit lebih terbuka," kata wali kota.

Wali kota berharap dapat melayani nasabah BPR yang ada di wilayah Timur. Karena ini adalah bank pemerintah, pihaknya berharap bisa mengurangi atau membebaskan masyarakat dari rentenir.

"Jadi programnya pun juga harus di-setting supaya program BPR Bank Kota Kediri ini bunganya murah, apalagi masa pandemi ini. Yang penting berjalan, melayani yang kecil-kecil juga dan bunganya kecil. Mudah-mudahan sukses," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Kediri sekaligus meresmikan mushola El Hadi. Ia berharap mushola El-Hadi dapat membawa berkah dan semakin meningkatkan kualitas ibadah para pegawai yang ada di kantor Kecamatan Pesantren. 

"Dan untuk mushola El-Hadi, saya tahu pembangunannya di awal-awal pandemi dan alhamdulillah sekarang sudah jadi, namanya El-Hadi yang artinya Maha memberi petunjuk. Mudah-mudahan musala ini membawa berkah bagi kita semua, dan sholatnya juga harus tertib. Mudah-mudahan kegiatan kita membawa dampak positif bagi kita, dan untuk seluruh masyarakat," pesannya.

Wali Kota Kediri juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. “Jangan lupa selalu jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan. Jadi kita harus lebih hati-hati, khususnya untuk yang punya komorbid sebaiknya kerja di rumah. Jadi nanti kepala-kepala harus bikin SOP-nya, supaya kalau kerja di rumah caranya harus begini. Karena corona ini berbahaya untuk orang-orang yang punya komorbid. Saya harap masalah pandemi ini kita bisa mawas diri, walaupun teman dekat atau siapa pun juga tetap harus pakai masker,” tegasnya.

Sementara Direktur Utama Perumda BPR Bank Kota Kediri Sugianto mengatakan, Perumda BPR Bank Kota Kediri memiliki program Dagulir (dana bergulir) yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM dan sudah ada sejak tahun 2016. Dagulir merupakan pinjaman yang dikhususkan bagi pelaku UMKM dengan bunga ringan dan proses mudah.

"Dengan diresmikannya kantor kas BPR yang baru, kami berharap bisa semakin dekat dengan nasabah, baik masyarakat maupun para pegawai," ujar Sugianto. (uji)