​Diterpa Angin Kencang, Akasia Tumbang Terpa Kabel PLN

Editor: Tim
Wartawan: Agus Salimullah
Sabtu, 26 September 2020 22:53 WIB

Para petugas PLN Batu membenahi kabel yang tertimpa pohon akasia yang tumbang akibat diterpa angin kencang, Sabtu (26/9/2020). foto: Agus Salimullah/ BANGSAONLINE

BATU, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Batu mengakibatkan pohon akasia dengan diameter 20 cm, tinggi 15 m, tumbang dan menimpa kabel listrik di Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (26/9) siang.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.00 saat hujan turun disertai angin kencang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pohon hanya menimpa kabel listrik. Namun, arus lalu lintas sempat terganggu.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tim reaksi cepat BPBD langsung melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan PLN. Selanjutnya dilakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang," ujar Agung Sedayu, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Sabtu (26/9) sore.

Upaya evakuasi pohon tumbang ini dilakukan bersama antara BPBD, Tagana, PLN, Garda Relawan, Perangkat Desa Bumiaji, dan warga setempat.

Agung Sedayu mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap ancaman pohon tumbang, terutama saat hujan disertai angin kencang. Pasalnya, beberapa waktu lalu juga ada kejadian tanah longsor di dekat Kali Lanang yang menyebabkan sebuah pohon tumbang sehingga dilakukan pemotongan.

Ia menambahkan, bahwa BPBD Kota Batu sudah mencatat ada 70 pohon di wilayah Kota Batu yang layak diwaspadai karena sebagian besar sudah mati sehingga perlu ditebang dan dilakukan perempesan. (asa)