Tanyakan Pelaksanaan Tahapan Pilkada, Komisi I DPRD Gresik Hearing dengan KPU dan Bawaslu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanyakan Pelaksanaan Tahapan Pilkada, Komisi I DPRD Gresik Hearing dengan KPU dan Bawaslu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Senin, 28 September 2020 16:50 WIB

Komisi I DPRD Gresik ketika hearing dengan KPU dan Bawaslu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi I  yang membidangi pemerintahan dan hukum menggelar rapat dengar pendapat (hearing) dengan KPU dan di ruang Komisi I, Senin (28/9/2020).

Hearing dipimpin Ketua Komisi I, Jumanto dan dihadiri oleh Ketua Achmad Roni beserta komisioner-sekretariat, dan Ketua Bawaslu Moh. Imron Rosyadi beserta anggota.

Jumanto mengungkapkan, ada sejumlah hal yang dipertanyakan oleh Komisi I kepada KPU dan Bawaslu terkait pelaksanaan Pilkada Gresik pada 9 Desember 2020. Mulai anggaran, serapan anggaran, tahapan pilkada, hingga penarapan protokol kesehatan Covid-19 para kontestan saat pelaksanaan kampanye.

sendiri sudah mendapatkan alokasi dana hibah dari APBD Gresik 2020 sebesar Rp 60,5 miliar untuk menyelenggarakan Pilkada. Sementara dari APBN, mendapatkan kucuran sebesar Rp 6,1 miliar.

Sementara untuk Bawaslu mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Gresik 2020 sebesar Rp 14,6 miliar.

"Nah, dari dana hibah APBD 2020 Rp 60,5 miliar ke KPU, serapan anggaran hingga sekarang baru 5,5 miliar. Sehingga, masih sisa Rp 55 miliar," ungkap Jumanto kepada BANGSAONLINE.com, Senin (28/9/2020).

"Kemudian, untuk anggaran Bawaslu sebesar Rp 14,6 miliar, saat ini baru terserap Rp 6,050 miliar lebih. Sehingga, masih sisa Rp 8,5 miliar lebih. Rata-rata anggaran tersebut kebanyakan digunakan untuk honorium," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Komisi I juga mempertanyakan pelaksanaan tahapan Pillkada 2020. "Terkait pelaksanaan tahapan Pilkada, KPU telah melakukan pendaftaran jalur independen, pendataan pemilih, penetapan daftar pemilih sementara (DPS), pendaftaran paslon yang diusulkan partai politik, penetapan calon, pengundian nomor urut calon, dan sekarang kampanye. Semua tahapan sudah berjalan," jelas politikus PDIP ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video