Eskavasi Tahap 4 Berakhir, Tim BPCB Jatim: Situs Candi Patakan Merupakan Kompleks Pengajaran Agama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Ekskavasi Tahap 4 Berakhir, Tim BPCB Jatim: Candi Patakan Merupakan Kompleks Pengajaran Agama

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Senin, 28 September 2020 17:18 WIB

Situs Candi Patakan yang dikunjungi pelajar sekitar. (foto: TRIWIYOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Ekskavasi Candi Patakan tahap keempat berakhir. Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memberikan penilaian bahwa Situs Candi Patakan merupakan kompleks pengajaran agama.

Arkeolog , Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, ciri yang memperkuat bahwa Situs Candi Patakan merupakan kompleks pengajaran agama adalah bentuk candi yang tidak simetris dan adanya pintu gerbang.

"Jika benar, bangunan sisi selatan adalah stupa, dan diperkuat dengan penuturan masyarakat sekitar ketika menemukan benda-benda purbakala, maka situs ini diperkirakan adalah kompleks pengajaran agama Buddha," katanya, Minggu (27/9/2020) malam.

Dari ekskavasi yang sudah berakhir, lanjut Wicaksono, pihaknya berhasil mengekskavasi Candi Patakan dengan membuka dan mengetahui bentuk asli candi tersebut. Ia menjelaskan, bagian atas candi menunjukkan adanya dua bilik yang dipisahkan oleh altar.

"Bangunan sebelah Selatan telah terbuka semua, sedangkan di bangunan utama berhasil kita bersihkan, tapi di bagian atas mengalami kerusakan karena akar pohon dan juga ulah manusia," lanjutnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video