SMAN 2 Batu Bagikan 1.040 Kartu Perdana IMB Bantuan Gubernur Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
Senin, 28 September 2020 19:29 WIB

Kepala SMA Negeri 2 Batu, Drs. Anto Dwi Cahyono menyerahkan secara simbolis kartu perdana IMB kepada salah seorang siswa, Senin (28/9).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 1.040 kartu perdana Internet Merdeka Belajar (IMB) bantuan Gubernur Jawa Timur resmi diserahkan secara simbolis oleh Kepala SMA Negeri 2 Batu, Drs. Anto Dwi Cahyono kepada siswa kelas X, XI, dan XII di sekolah setempat, Senin (28/9).

Dijelaskan Anto Dwi Cahyono, kartu perdana dari Telkomsel tersebut berisi kuota 10 GB untuk memperlancar kegiatan belajar jarak jauh. Jika kuota ini habis, siswa cukup membeli pulsa seharga Rp 5 ribu dan langsung mendapat kuota 11 GB.

"Ini merupakan bentuk perhatian Ibu Gubernur untuk mendukung kelancaran belajar jarak jauh. Semoga dengan dukungan kuota ini tidak ada lagi keluhan orang tua terkait pembelian pulsa," ujar Anto Dwi Cahyono.

Selain bantuan paket internet dari Gubernur Jatim, siswa juga mendapat bantuan kuota internet dari pemerintah pusat sebanyak 30 GB selama 4 bulan hingga Desember 2020.

Dari 1.040 siswa, yang sudah tervalidasi sebanyak 941 siswa. Sedangkan untuk guru baru 43 guru dari 60 guru. Hingga saat ini, kuota internet bantuan pemerintah belum sepenuhnya masuk ke nomor siswa karena dilakukan secara bertahap.

Bantuan kuota internet ini diberikan lantaran pihak sekolah selama ini sering mendapat keluhan dari orang tua siswa yang kesulitan membeli paket internet. Akhirnya, sekolah mengambil kebijakan memberikan bantuan pulsa sebesar Rp 50 ribu per bulan selama 4 bulan. 

Untuk membuktikan mereka tidak mampu, mereka harus menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan. "Saat ini ada sekitar 7 anak yang kami bantu dan sudah berjalan 2 bulan," pungkasnya. (asa/ian)