Kelana-Dwi Astutik Nomor 3, Pilbup Sidoarjo 2020 Resmi Diikuti Tiga Paslon

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
Senin, 28 September 2020 19:45 WIB

NOMOR TIGA: Kelana Aprilianto-Dwi Astutik usai mengikuti pengundian nomor urut di Favehotel Sidoarjo, Senin (28/9/2020). (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasangan Calon (Paslon) Kelana Aprilianto-Dwi Astutik resmi mendapatkan nomor urut 3 dalam kontestasi Pilbup Sidoarjo 2020. Penetapan Kelana-Dwi Astutik sebagai paslon bernomor urut 3 dilakukan KPU Sidoarjo dalam rapat pleno terbuka, di Favehotel Sidoarjo, Senin (28/9/2020) sore.

Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak mengatakan, hari ini pihaknya melakukan pengundian nomor urut tahap dua. Sedangkan tahap pertama telah dilaksanakan sesuai dengan PKPU Nomor 5, karena ada kondisi yang berbeda di Sidoarjo.

Kata Iskak, sesuai aturan PKPU, pihaknya memang diperkenankan membuat tahapan tersendiri terkait protokol kesehatan. "Dengan penetapan hari ini yang kita lakukan, sudah dipastikan bahwa Pilkada Sidoarjo 2020 diikuti tiga paslon," tandas Iskak.

Iskak menjelaskan, pengundian nomor urut tahap dua ini, pihaknya langsung menyerahkan nomor urut 3 ke Paslon Kelana Aprilianto-Dwi Astutik yang diusung PDIP dan PAN. "Hari ini memang tidak perlu dilakukan pengundian karena memang satu sisanya, langsung kita tetapkan di berita acara," bebernya.

(POLLING PILKADA SIDOARJO: Ayo Vote Cabup-Cawabup Pilihanmu)

Diketahui, KPU Sidoarjo melakukan pengundian nomor urut tahap pertama, 24 September 2020 lalu, yang diikuti dua paslon. Hasilnya, Bambang Haryo Soekartono-M. Taufiqulbar (BHS-Taufiq) nomor urut 1 dan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi (Gus Muhdlor-Subandi) nomor urut 2.

Dalam pengundian nomor urut tahap dua ini, KPU Sidoarjo juga menerapkan protokol kesehatan. Acara digelar tanpa undangan. Paslon masuk ruangan hanya didampingi satu orang LO (Liaison Officer) atau petugas penghubung. Sedangkan pengiring paslon, menunggu di luar ruangan acara.

Sementara itu, Kelana Aprilianto mengatakan, nomor 3 adalah keberkahan. Selain itu, nomor 3 sesuai dengan salah satu partai pengusungnya, yakni PDIP, bernomor 3. "Nomor 3 bagi kami juga angka keberuntungan," cetusnya didampingi Dwi Astutik.

Kelana juga mengaku bersyukur telah ditetapkan sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pilbup Sidoarjo 2020.

"Secara resmi kami akan mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh KPU. Kami juga akan menerapkan protokol kesehatan," tegas Kelana. (sta/zar)