​Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Kadin Jatim Teken Kerja Sama dengan Seluruh LSP di Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Kadin Jatim Teken Kerja Sama dengan Seluruh LSP di Jatim

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nanang Fachrurrozi
Rabu, 30 September 2020 21:34 WIB

Kadin Jatim teken kerja sama dengan seluruh LSP di Jatim. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur berkomitmen meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (DM) Jatim. Langkah ini diyakini mampu memacu produktivitas tenaga kerja dan daya saing produk di kancah perdagangan internasional.

"Kadin Jatim memiliki program kerja peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja, khususnya bidang ketenagakerjaan, vokasi, pelatihan, dan sertifikasi yang bertujuan mewujudkan SDM yang unggul," ujar Ketua Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto di Surabaya, Rabu (30/9/2020).

Oleh karena itu, Kadin Jatim telah menandatangani Memory of Understanding (MoU) dengan 25 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Jatim. Dua puluh lima LSP tersebut bergerak di sektor konstruksi, manajemen sumber daya manusia, elektronika, transportasi, pariwisata, dan cleaning service. Selain itu juga ada yang bergerak di sektor ekspor-impor, informatika, kewirausahaan, administrasi, akuntansi, kecantikan, koperasi, jasa pelayanan, kesehatan, pertanian, dan peternakan.

MoU dilakukan secara virtual dan ditandatangani oleh LSP Elektronika Nasional dan LSP Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Profesional di Graha Kadin Jatim pada Senin (28/9/2020).

Adik menegaskan, Kadin Jatim akan terus berupaya memfasilitasi peningkatan SDM di sektor industri karena jumlah tenaga kerja di seluruh Jatim yang telah tersertifikasi masih sangat kecil. Dalam hal ini, Kadin Institute akan melaksanakan pelatihan sertifikasi tenaga kerja dari LSP.

Padahal, kualitas dan kompetensi tenaga kerja yang unggul yang ditunjukkan dengan kepemilikan sertifikat tersebut bisa menjadi pendorong peningkatan produksi, kualitas dan efisiensi pada industri yang bersangkutan. Di sisi lain, sertifikat kompetensi juga mampu meningkatkan daya saing perusahaan dan tenaga kerja yang bersangkutan. "Untuk itulah sertifikasi kompetensi menjadi sangat penting," tegasnya.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Latpro) Disnaker Provinsi Jatim, Suhartoyo menegaskan bahwa penandatanganan MoU ini sebagai sarana meningkatkan harmonisasi sertifikasi kompetensi yang dilakukan LSP dengan lembaga pelatihan yang ada. Karena keberadaan LSP adalah kepanjangan tangan dari BNSP untuk meningkatkan kompetensi SDM dengan melaksanakan uji kompetensi atau sertifikasi kompetensi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   kadin jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video