Sempat Ditunda Karena Corona, Eskavasi Lanjutan Candi Gedog Kota Blitar Siap Dimulai Oktober Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sempat Ditunda Karena Corona, Eskavasi Lanjutan Candi Gedog Kota Blitar Siap Dimulai Oktober Ini​

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Kamis, 01 Oktober 2020 16:41 WIB

Situs Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Genap setahun setelah penemuan Situs Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, eskavasi lanjutan baru akan dimulai awal bulan Oktober 2020 ini. Pelaksanaan ekskavasi lanjutan Candi Gedog yang direncanakan pada Februari 2020 lalu tertunda karena pandemi Covid-19.

Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan, eskavasi lanjutan rencananya akan dilakukan pada 5-14 Oktober 2020 oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

"Sebelumnya kan direncanakan dilaksanakan pada Februari lalu, namun karena pandemi Covid-19 akhirnya tertunda. Nah, kami akhirnya kembali berkoordinasi dengan BPCB dan mereka menjadwalkan akan melakukan eskavasi pada awal Oktober ini, yakni pada tanggal 5-14 Oktober 2020," ujar Tri Iman, Kamis (1/10/2020).

Adapun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kata Tri Iman, pihaknya juga berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19. Koordinasi dengan satgas ini terkait penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ekskavasi.

Keberadaan Candi Gedog ini mulai terkuak, awal September 2019. Saat itu warga menemukan sebuah arca kepala kala di lahan jagung.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video