Miliki 33 Kampung Tangguh, Kota Probolinggo Sabet Penghargaan Smart Society dari ISNA | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Miliki 33 Kampung Tangguh, Kota Probolinggo Sabet Penghargaan Smart Society dari ISNA

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajudin
Selasa, 06 Oktober 2020 20:00 WIB

Penerimaan penghargaan yang dilakukan secara virtual. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kota Probolinggo kembali dinobatkan sebagai Kota Smart Society Penguatan Kampung Tangguh dalam ajang penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2020 yang digelar secara virtual, Senin (5/10/2020) kemarin, lantaran memiliki 33 dari 29 kelurahan yang ada di Kota Probolinggo.

Penghargaan yang diterima Wakil Wali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri itu berdasarkan inovasi yang diciptakan Pemerintah Kota Probolinggo.

Dalam penghargaan The 4th ISNA itu, Kota Probolinggo berhasil menjadi daerah dengan peringkat terbaik melalui inovasi kategori penghargaan Smart Society bersanding dengan 5 kabupaten/kota lainnya sebagai daerah nominasi.

Dari 514 kabupaten/kota, mengerucut menjadi 175 kabupaten/kota yang memiliki inovasi, totalnya 248 inovasi, dan kembali mengerucut menjadi 183 inovasi yang berkaitan dengan Covid-19.

Dari 183 inovasi ini juga diseleksi kembali dan ditemukan 60 inovasi murni dari pemerintah daerah dan ditetapkan 30 inovasi terbaik di ragam kategori; Smart Economy, Smart Goverment, Smart Branding, Smart Society, Smart Living, dan Smart Mention.

Populasi penelitiannya sendiri berdasarkan interest based sub-region pada kata kunci “Covid” dan “Inovasi” sebagai proxy atas citizen awareness pada issue Covid-19. Sekaligus sebagai proxy atas digital readiness masyarakat serta 100 kabupaten/kota G100SCN & 63 kabupaten/kota Pemenang Lomba Tatanan New Normal sebagai variabel kontrol.

“Untuk kategori Smart Society terbaik hanya ada lima daerah se-Indonesia, yaitu Kota Probolinggo, Banyuwangi, Denpasar, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Tegal,” ujar Wakil Wali Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri, Senin (5/10/2020) kemarin.

Wawali Subri menerangkan bahwa pada Platfrom Smart Society atau Masyarakat Cerdas, Kota Probolinggo sangat konsen di sektor penguatan di tengah pandemi Covid-19. Meski masih dalam situasi dan kondisi pandemi, proses kehidupan bermasyarakat nyatanya tak terganggu.

“Adanya juga mendorong masyarakat untuk lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya,” terangnya.

Wawali Subri menjelaskan bahwa di Kota Probolinggo, ada 33 yang tersebar di 29 kelurahan, sehingga penerapan ketangguhan secara menyeluruh dapat dilakukan secara maksimal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video