Diskes Koarmada II Adakan Latihan Penanganan Covid-19

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Rabu, 07 Oktober 2020 10:39 WIB

Latihan Penanganan Kedaruratan Penyebaran Covid-19 Tahun 2020 bagi personel Koarmada II.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Koarmada II menggelar Latihan Penanganan Kedaruratan Penyebaran Covid-19 Tahun 2020 bagi personel Koarmada II, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Diskes Koarmada II Surabaya, pada Selasa (6/10).

Latihan diikuti sekitar 35 peserta dari seluruh satuan kerja di Koarmada II, yang rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari secara bergelombang.

Adapun materi latihan yang dipelajari yakni gejala Covid-19, Transmisi Via Airborne, gejala pada organ lain, RT-PCR dan Rapid Test, serta definisi khusus tentang Covid-19.

Menandai dimulainya latihan, Kepala Sub Dinas Kesehatan Laut (Kasubdis Kesla) Letkol Laut (K) Dasaring Nagari mewakili Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. Ketut Tirka Nandaka, Sp.KJ menyematkan tanda peserta latihan kepada salah seorang perwakilan peserta.

Dalam sambutannya, Kasubdiskesla menyampaikan bahwa Latihan Penanganan Kedaruratan Penyebaran Covid-19 diadakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan bagi personel dalam disiplin mengantisipasi bahaya penyebaran Covid-19, sesuai dengan protokol kesehatan.

“Covid-19 secara spesifik belum ada obatnya, serta untuk vaksin juga belum ada. Menindak lanjuti penyebaran virus yang semakin meningkat di Indonesia ini, penting dilaksanakannnya 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatment yang diyakni menjadi kunci dalam menurunkan angka kasus positif Covid-19,” tandas perwira menengah dengan dua melati di pundak tersebut. (*/dev)