Warga Dusun Srebet Temukan Bata dan Uang Logam Kuno di Hutan Kasinan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Dusun Srebet Temukan Bata dan Uang Logam Kuno di Hutan Kasinan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 08 Oktober 2020 12:15 WIB

Gus Imam, salah seorang warga Dusun Srebet, Pesanggrahan, saat menunjukkan batu bata kuno yang ditemukan di Hutan Kasinan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu diam-diam menyimpan situs peninggalan kerajaan. Terbukti, di wilayah ini, warga menemukan dua benda berupa batu bata dan uang logam kuno di hutan Kasinan yang berjarak sekitar satu kilometer dari perkampungan.

Menurut Gus Imam, salah seorang warga Dusun Srebet, batu bata yang ditemukan itu dalam kondisi berserakan di lokasi hutan Kasinan. Di lokasi yang sama, warga juga menemukan susunan batu bata kuno di bibir sungai dalam kondisi terkubur tanah. Batu bata itu memiliki ketebalan 9 centimeter dan lebar 20 centimeter. Warga menduga benda ini merupakan peninggalan kerajaan.

"Selain penemuan batu bata kuno, kami juga menemukan mata uang gobok berbentuk kotak di antara batu bata yang berserakan. Mungkin ini benda peninggalan zaman kerajaan," ujar Gus Imam, Kamis (8/10).

Terkait penemuan dua benda kuno tersebut, warga berinisiatif akan mengumpulkan batu bata tersebut ke lokasi yang lebih aman. Warga juga masih bingung akan melaporkan kepada siapa terkait penemuan benda-benda tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video