Tuan Rumah World Habitat Day, Bukti Surabaya Kian Mendunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tuan Rumah World Habitat Day, Bukti Surabaya Kian Mendunia

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Minggu, 11 Oktober 2020 16:53 WIB

Panggung itu menjadi tempat penyerahan piagam penghargaan pemenang Scroll of Honour 2020 dan sekaligus menjadi tempat pagelaran seni budaya.

Suatu kebanggaan bagi Kota karena dipercaya menjadi pusat perayaan Hari Habitat Dunia (World Habitat Day) 2020. Perhatian dan sorot mata tertuju pada . Ini menjadi bukti sejarah, bahwa kian men.

Acara internasional yang digelar secara daring dan luring itu dibuka di Balai Kota , Senin (5/10/2020) malam. Delegasi atau undangan yang mengikuti langsung acara itu diwajibkan jaga jarak dan pihak panitia sudah menata meja serta kursi dengan jarak sekitar 2,5 meter. Selain itu, para tamu juga diwajibkan pakai masker dan sebelumnya telah menjalani tes swab dengan hasil negatif.

Saat pembukaan itu, puluhan ribu sorot mata dari belahan tertuju ke panggung yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) . Panggung itu menjadi tempat penyerahan piagam penghargaan pemenang Scroll of Honour 2020 dan sekaligus menjadi tempat pagelaran seni budaya.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan via virtual. Ia mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi yang menghadiri acara tersebut secara langsung di . Menurutnya, sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia bahwa Kota dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara The Global Observance of The World Habitat Day tahun 2020.

"Kita bertemu di Kota ini untuk meyakinkan kepada bahwa Agenda Baru Perkotaan, New Urban Agenda, tahun 2036 tidak bisa ditunda-tunda lagi. Saat ini 55 persen penduduk tinggal di perkotaan. Di tahun 2050 jumlahnya diperkirakan meningkat menjadi 68 persen. Laju peningkatan tertinggi terjadi di Benua Asia dan Afrika," katanya.

Melalui acara Peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020 ini, Presiden Joko Widodo berharap agar para delegasi dari seluruh negara dapat saling berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian, dan pengalaman. Di samping itu pula, dapat menjalin kerja sama dan memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan ketangguhan kota menghadapi pandemi dan juga bencana lainnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres menyerukan tindakan segera untuk menyediakan perumahan yang terjangkau dengan jaminan kepemilikan dan akses air, sanitasi, transportasi dan layanan dasar lainnya yang mudah bagi keluarga berpenghasilan rendah. Kebutuhan tersebut dinilai semakin mendesak mengingat adanya pandemi Covid-19.

"Akses ke air bersih dan sanitasi, bersama dengan jarak sosial, adalah respons utama terhadap pandemi. Namun, di daerah kumuh terbukti sulit untuk menerapkan langkah-langkah ini," kata Guterres.

Menurutnya, peningkatan risiko terinfeksi tidak hanya berada di permukiman kumuh, tetapi juga di seluruh kota yang sebagian besar dilayani oleh pekerja sektor informal berpenghasilan rendah, dan mereka tinggal di permukiman informal. Ia pun mendesak kemitraan yang lebih besar, kebijakan pro-kaum miskin, dan peraturan yang diperlukan untuk meningkatkan perumahan di kota.

“Saat ini kami berupaya untuk mengatasi pandemi, mengatasi kerapuhan dan ketidaksetaraan yang telah diekspos, dan memerangi perubahan iklim, sekaranglah waktunya untuk memanfaatkan potensi transformatif urbanisasi untuk kepentingan manusia dan bumi,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Risma mengatakan menjadi tuan rumah Hari Habitat Dunia 2020 merupakan kesempatan yang patut dibanggakan. Makanya, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sebagai tuan rumah acara global ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video