Heboh, Warga Jombang Berburu Koin Kuno

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Selasa, 13 Oktober 2020 12:32 WIB

Koin kuno yang ditemukan di persawahan milik Samari, warga Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lahan persawahan milik Samari (50), yang berada di Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang kini ramai didatangi warga untuk berburu mata , Selasa (13/10/20).

Warga mendapatkan informasi tersebut usai pemilik lahan menemukan barang kuno yang berbentuk mata uang kepeng cina dengan harga jual yang lumayan bagus, yakni 100 ribu rupiah per kilogramnya.

Menurut pengungkapan Samari, bahwa dirinya selama puluhan tahun menggarap sawahnya, tidak pernah sekali pun menemukan benda-benda purbakala. Baru pada sebulan lalu kepingan koin kuno yang diduga peninggalan masa lampau ia temukan.

“Sebenarnya saya mau meratakan tanah karena yang pinggir jalan agak tinggi. Tapi setelah mencangkul, saya menemukan koin. Kemudian warga beramai-ramai ikut mencari dari pagi, bahkan hingga larut malam masih ada warga yang mencari koin itu,” ucapnya.

Salah satu warga setempat, Pitono (40), mengatakan, bahwa dirinya mencari dengan berbekal cangkul dan linggis. Ia mengorek-ngorek tanah di lahan yang belum ditanami itu.

“Kadang saya menggunakan tangan kosong untuk memilah tanah. Koin biasanya masih tersimpan dalam sebuah kendi. Tapi ada juga yang tercecer. Koin kuno ini bentuknya bulat kecil dengan lubang berbentuk kotak di tengahnya,” terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video