BHS-Taufiq Siapkan Program untuk Kembangkan Kesenian Ludruk Sidoarjo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BHS-Taufiq Siapkan Program untuk Kembangkan Kesenian Ludruk Sidoarjo

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Jumat, 16 Oktober 2020 04:59 WIB

TAMPUNG ASPIRASI: Cabup BHS berdialog dengan seniman ludruk di Desa Kedungsukodani Balongbendo, Kamis (15/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kesenian menjadi bidang yang mendapatkan perhatian lebih dari Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono-M Taufiqulbar (BHS-Taufiq). Salah satunya kesenian ludruk di Sidoarjo.

Paslon nomor urut 1 ini menyiapkan sejumlah upaya agar kesenian ludruk di Sidoarjo tetap lestari dan bisa berkembang. "Kalau diamanahi jadi bupati, saya berkewajiban mengembalikan agar kesenian rakyat ini betul-betul kembali digemari masyarakat," cetus BHS usai berdialog dengan beberapa Ketua Grup Ludruk di Desa Kedungsukodani Kecamatan Balongbendo, Kamis (15/10).

Kata BHS, kesenian Ludruk dulunya banyak digemari generasi tua hingga anak muda. Kini ludruk mulai terlupakan. Apalagi saat pandemi, praktis hiburan rakyat ini tidak pernah tampil. Karena itu, BHS menyiapkan sejumlah upaya agar kesenian rakyat itu kembali menggeliat.

Politikus Partai Gerindra ini menyatakan bakal mengalokasikan anggaran di Dinas Pariwisata, untuk pengembangan kesenian ludruk. BHS juga bakal memfasilitasi agar puluhan grup ludruk itu bisa tampil dan memberikan hiburan ke masyarakat.

Itu dilakukan dengan memfasilitasi grup ludruk untuk menggelar pertunjukan di gedung kesenian yang rencananya akan dibangun di Kampung Seni Sidoarjo. "Setiap minggu satu grup ludruk bisa tampil tiga kali. Nanti bisa bergiliran 14 grup," beber BHS.

Tak hanya itu, grup ludruk bakal diberi kesempatan tampil di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo. BHS bahkan berencana melibatkan semua grup ludruk untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo. "Saya akan dorong desa-desa saat ruwatan, menampilkan kesenian ludruk," tandasnya.

Saat berdialog dengan para seniman ludruk ini, BHS juga disambati sepinya job selama masa pandemi. Bahkan saat kondisi menganggur, para seniman ludruk ini tak tersentuh bantuan dari pemkab. "Harusnya ada semacam insentif bagi para seniman ludruk saat terdampak Covid," tegas BHS.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video