Tambah 1.477 Penerima, ​Pemkot Kediri Bagikan Kartu Sahabat dan Bansos Tahap IV

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 16 Oktober 2020 17:25 WIB

Tukang becak tetap dilibatkan dalam pembagian Kartu Sahabat dan Bansos Tahap ke IV ini. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri mulai membagikan Kartu Sahabat dan Bansos tahap IV. Kartu Sahabat berisi uang Rp 200 ribu dan bansos berupa beras sejumlah 10 kg per KK merupakan upaya Pemkot Kediri melalui Dinas Sosial Kota Kediri untuk membantu warga yang terkena dampak Covid-19.

“Ada perubahan pada tahap III sebanyak 24.317 penerima, sedangkan pada tahap IV menjadi 25.794 penerima. Jadi, ada penambahan sejumlah 1.477 penerima,” kata Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Jumat, (16/10).

Menurut Triyono, pembagian diawali dari 8 kelurahan yang ada di Kecamatan Kota, kemudian akan dilanjutkan ke Kecamatan Pesantren dan Kecamatan Mojoroto. Kelurahan tersebut meliputi Jagalan, Semampir, Kampung Dalem, Kemasan, Pakelan, Pocanan, Ringin Anom, dan Setono Gedong dengan total penerima sejumlah 1.849 penerima.

Seperti dalam pembagian terdahulu, lanjut Triyono, untuk menghindari kerumunan maka beras dan kartu akan diantar ke rumah warga masing-masing dengan bantuan becak. Para tukang becak ini akan diberi imbalan sehingga membantu mereka yang terkena dampak Covid-19 ketika penumpang sepi.

"Ada pula beberapa warga yang mengambil jatah bansosnya di RT/RW masing-masing yang letaknya berdekatan. Dalam pembagian, tetap melaksanakan protokol kesehatan. Mengenakan masker, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak bila ada antrean," imbuh Triyono.

Pembagiannya sendiri dimulai pukul 08.00 WIB di masing-masing kelurahan sampai selesai. Bantuan itu dirasa bermanfaat bagi warga sebab banyak dari mereka yang pendapatannya menurun, bahkan ada beberapa yang terpaksa menutup usahanya. (uji/ian)