​Gowes di Pacitan, Gubernur Khofifah Sebar Bantudan dan Tinjau Pembangunan Museum & Galeri SBY-Ani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gowes di Pacitan, Khofifah Sebar Bantuan dan Tinjau Pembangunan Museum & Galeri SBY-Ani

Editor: MMA
Minggu, 18 Oktober 2020 19:42 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan saat meninjau lokasi Museum & Galeri SBY-Ani Yudhoyono di Pacitan, Ahad (18/10/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa kembali gowes sembari menyampaikan pesan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 kepada masyarakat berseiring dengan pemulihan ekonomi masyarakat.

Hari ini, Minggu (18/10/2020), giliran daerah pesisir selatan di Jatim, Kabupaten , yang menjadi lokasi Gubernur bersama instansi vertikal antara lain seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Jatim, Kanwil BPN, BPJS Ketenagakerjaan, Bulog dan sebagainya untuk gowes sosialisasi dan edukasi Covid-19.

Selain itu tentu saja Bupati Indartato, Sekdaprov Jatim, Forkopimda di lingkup Kabupaten , beberapa Kepala OPD di Pemprov Jatim, serta para penyintas Covid-19.

Gubernur aktif membagikan masker di sejumlah titik. Seperti Pasar Minulyo, serta singgah di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) untuk meninjau stand Kampung UMKM Goes Digital.

Gubernur juga menyempatkan diri bersama rombongan untuk meninjau lokasi Museum & Galeri SBY-Ani Yudhoyono. Museum dan galeri ini sudah mencapai progres pembangunan 33 persen.

“Menurut kordinator pembangunan, museum ini ditarget akan rampung Maret 2021. Kita tentu berterima kasih pada Bapak SBY sebagai Presiden RI ke VI memilih untuk mendirikan museum dan galeri SBY-Ani. Saya optimistis bahwa ini akan menjadi destinasi yang memiliki daya tarik tinggi bagi wisatawan, yang dampaknya akan mengungkit ekonomi ,” papar Gubernur .

Gubernur mengajak rombongan dan warga untuk berkirim doa untuk almarhumah Ani Yudhoyono agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. SWT.

Gubernur yang juga mantan Menteri Sosial RI ini mengungkapkan bahwa gowes kali ini adalah dalam rangka Gowes Pemulihan Ekonomi. Karena itu, kehadiran para pemimpin lembaga veritkal di Jatim ini, merupakan salah satu kunci keberseiringan antara menggerakkan ekonomi sekaligus mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Jadi seperti kegiatan sebelumnya, sebagian besar yang ikut adalah para pelaku perbankan baik HIMBARA maupun bank Jatim. Ada Kanwil BI, Kanreg OJK, Dirut Bank Jatim, Dirut Bank UMKM, HIMBARA hingga Kanwil BPN. Dan memang di tengah pandemi Covid-19 ini sinergitas dan kolaborasi ini adalah sebuah kebutuhan," ungkap .

Untuk pemulihan ekonomi, berbagai stimulus telah diberikan baik oleh pemerintah pusat maupun Pemprov, berupa BLT, BNPT, Bantuan Subsidi Upah, hingga Banpres-PUM yang diberikan pada usaha mikro.

Stimulus perbankan seperti kemudahan pengajuan kredit dan relaksasi kredit. Bantuan ini sama-sama bertujuan untuk membantu dan mengurangi beban dampak Covid-19 bagi masyarakat yang terdampak.

"Kami berharap semua ini bisa menjadi komplementer dari seluruh layanan sosial ekonomi kita. Yang tentunya harapannya adalah bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir," tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Ke depan, diharapkan tidak hanya Bank Jatim, Bank UMKM Jatim saja yang terus bersinergi, melainkan juga Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, maupun bank lainnya. Hal ini penting, karena peran perbankan sangat diperlukan dalam rangka pemulihan ekonomi di Jatim, utamanya dalam hal pemulihan ekonomi rakyat.

Terkait pengendalian covid-19, secara khusus Gubernur memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab dan Forkopimda serta seluruh tenaga medisnya karena jumlah kasus penyebaran dan kematian Covid-19 di termasuk yang terendah di Jatim. Secara khusus, pihaknya juga berterimkasih atas komitmen masyarakat sebagai garda terdepan dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data per tanggal 17 Oktober total kasus terkonfirmasi Covid-19 di sebanyak 178 orang. Dengan kasus aktif 40 orang, sembuh 134 orang, dan meninggal 4 orang, sehingga mortality rate nya hanya 2,25 persen.

"Terima kasih pada jajaran Pemkab , tenaga medis dan paramedis, TNI/POLRI atas segala upayanya dalam menangani Covid-19. Serta masyarakatnya yang telah terus disiplin menerapkan protokol kesehatan," urainya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video