​BMKG Imbau Masyarakat Waspada Terjadinya Hujan Lebat di Laut Jawa

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Senin, 19 Oktober 2020 20:18 WIB

Kepala BMKG Kalianget, Usman Khalid. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis Prakiraan Kondisi Cuaca Maritim Perairan Jawa Timur pada dini hari tadi (Senin, 19/10/2020), dan berlaku mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 24 jam ke depan.

Disampaikan Kepala BMKG Kalianget, Usman Khalid melalui WhatsApp Grup (WAG) Info Cuaca BMKG Kalianget, bahwa peringatan dini berlaku untuk wilayah Jawa Timur. Rilis ini juga dikeluarkan BMKG Juanda Surabaya.

Disebutkan, kondisi cuaca secara umum terdapat potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah perairan Jatim, dengan kondisi arah angin didominasi dari Timur-Tenggara.

Ditambahkan Usman, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 23 knots (43 kilometer/jam) dan Samudera Hindia Selatan Jatim 18 knots (34 kilometer/jam).

Adapun untuk ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0.8-2.0 meter, sedangkan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-2.8 meter.

Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada karena tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jatim, serta potensi hujan lebat di Laut Jawa.

“Kita harus mewaspadainya karena ketinggian gelombang mencapai lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jatim," tandasnya, Senin (19/10/2020). (aln/zar)