Gubernur Khofifah Resmikan Layanan Rapid Test & PCR RS Sheila Medika di Maspion Square | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Resmikan Layanan Rapid Test & PCR RS Sheila Medika di Maspion Square

Editor: MMA
Selasa, 20 Oktober 2020 11:33 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan layanan Rapid Test dan Swab PCR RS Sheila Medika di Maspion Square, Jalan A. Yani Surabaya, Senin (19/10). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jatim terus konsisten untuk melakukan screening dan tracing massif. Berkat keagresifan screening dan isolasi yang dilakukan telah membantu menurunkan penularan COVID-19, sehingga kasus aktif COVID-19 hari senin (19/10) di Jatim tinggal 5,22 persen.

Berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Jatim, per Senin kemarin, penggunaan rapid test baik antibody maupun antigen untuk kegiatan screening dan tracing telah tembus 1.010.590 tes. Dengan populasi Jatim sekitar 40 juta penduduk, maka 1 dari 40 penduduk Jatim telah dites cepat COVID-19 dengan rapid test

Sementara untuk swab test tercatat 436.474 jumlah individu yang diperiksa PCR di Jatim. Dengan populasi Jatim sekitar 40 juta penduduk, maka 1 dari 92 warga Jatim telah dites COVID-19 dengan swab dan PCR test.

Saat ini, Jatim telah memiliki 76 lab baik secara khusus maupun RS yang mampu melakukan pemeriksaan PCR dan 28 tempat yang mampu melakukan TCM.

Guna terus mendukung percepatan screening dan tracing COVID-19, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa meresmikan layanan Rapid Test dan Swab PCR RS Sheila Medika di Square, Jalan A. Yani Surabaya, Senin (19/10). Ini hal baru menyeiringkan pengendalian covid-19 di tempat belanja. Sekaligus mengurangi kehawatiran bagi sebagian masyarakat yang takut melakukan rapid test dan swab test.

Layanan ini merupakan hasil sinergi antara RS Sheila Medika, PT. Satu Laboratorium Utama dan PT. Group yang disediakan untuk masyarakat Jawa Timur. Biaya untuk layanan Rapid Test tercatat Rp. 90 ribu, berarti dibawah HET yang oleh Kemenkes ditentukan Rp. 150 ribu, sedangkan biaya untuk layanan Swab PCR Rp. 900 ribu. Dengan harga tersebut, hasil dapat diperoleh dengan cepat, yakni sekitar 5 jam, dan paling lama maksimal 1 x 24 jam. Sementara untuk rapid test bisa 15 menit diketahui hasilnya.

Atas kontribusi tersebut, Mantan Mensos menyampaikan terima kasih atas diresmikannya layanan Rapid Test dan Swab PCR di mal Square. Layanan ini tentunya juga akan menjadi penguatan dan energi baru bagi masyarakat Jawa Timur untuk mendapatkan layanan kesehatan lebih cepat dan mudah dijangkau.

“Ini adalah sinergitas antara layanan testing covid-19 dengan pergerakan ekonomi. Sinergi ini tentu semuanya berseiring dengan keinginan memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Jatim seiring dengan pergerakan ekonomi yang harus terus didorong,” jelas orang nomor satu di Jatim.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video