Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Program Atasi Masalah Pertanian di Sidoarjo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Program Atasi Masalah Pertanian di Sidoarjo

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Selasa, 20 Oktober 2020 23:33 WIB

TAMPUNG ASPIRASI: Gus Muhdlor berdialog dengan petani di Desa Wonokarang Balongbendo, Selasa (20/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bidang pertanian menjadi salah satu perhatian Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Ahmad Muhdlor Ali ()-Subandi. Paslon nomor urut 2 ini menyiapkan sejumlah upaya dan program untuk mengatasi masalah yang dialami para petani di Sidoarjo.

Menurut , saat ini wajib bagi pemerintah untuk hadir di tengah para petani. Salah satu alasannya, petani adalah penggerak bidang ketahanan pangan. "Pemerintah bisa hadir dengan memfasilitasi teknologi pertanian, misalnya traktor," cetusnya usai berdialog dengan sejumlah petani di Desa Wonokarang Kecamatan Balongbendo, Selasa (20/10).

Saat berdialog dengan beberapa petani itu, mendapatkan keluhan para petani tersebut masih menyewa traktor saat musim tanam padi. "Ke depan, pemerintah harus responsif misalnya Satu Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Satu Traktor," urai alumnus FISIP Unair ini.

Kata , perhatian pemkab pada bidang pertanian di Sidoarjo bahkan menjadi penting di tengah luasan lahan hijau pertanian yang semakin berkurang. Di mana saat ini luasannya sekitar 12 ribu hektare dan jika dieksekusi (akibat perubahan RTRW), bakal menjadi 7.000 hektare.

Selain fasilitasi teknologi pertanian, pihaknya akan mengawal petani dalam hal ketersediaan pupuk. Selain pupuk bersubsidi, ke depan, akan mengajukan tambahan jatah pupuk untuk wilayah Sidoarjo, ke Kementerian Pertanian.

"Kami juga bakal berkoordinasi dengan pihak terkait, agar stok pupuk di kios-kios tetap terjaga sehingga bisa memenuhi kebutuhan para petani," urai menanggapi petani yang mengeluhkan kelangkaan pupuk saat musim tanam padi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video