​Bersepakat Damai, Kelenteng Tuban Kembali Dibuka | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Bersepakat Damai, Kelenteng Tuban Kembali Dibuka

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Minggu, 25 Oktober 2020 20:45 WIB

Pembukaan Pintu Gerbang Kelenteng Tuban yang digembok. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah 3 bulan ditutup karena kisruh internal, akhirnya Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban kembali dibuka dan bisa digunakan untuk kegiatan sembahyang, Minggu (25/10/2020).

Kelenteng tersebut dibuka oleh tiga tokoh penting di Jawa Timur. Mulai Alim Markus Big Bos Maspion Group, Soedomo Mergonoto Owner Kopi Kapal Api, dan Paulus Welly Afandi Pengusaha Tionghoa asal Surabaya. Dalam pembukaan gembok gerbang tersebut, juga melibatkan kubu Alim Sugiantoro selaku Ketua Penilik (Demisioner) dan kubu Mardjojo alias Tio Eng Bio selaku Ketua Kelenteng TITD Kwan Sing Bio.

Alim Markus sebagai tokoh penengah, mengatakan kelenteng harus dibuka karena merupakan tempat umum dan harus dihormati.

"Tidak boleh melanggar ketertiban, karena tempat ini untuk berbuat kebaikan. Harapannya, setelah dibuka ini masyarakat bisa sembahyang seperti dulu. Jangan sampai ada penggembokan lagi. Mari bersatu dan lebih besar," pesannya.

Di tempat yang sama, Soedomo Mergonoto menyarankan kedua kubu yang berselisih segera damai. Lalu berkomitmen menyerahkan kepenguruan kelenteng kepada pihak yang netral. Ia berjanji bersama kedua tokoh lainnya ini tidak akan ikut campur lagi dalam internal kelenteng setelah ada pembenahan dan perdamaian.

"Kita tidak akan cawe-cawe lagi ketika nanti ada titik temu yang mendamaikan," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video