dr. Reisa: Staycation Pilihan Terbaik Mengisi Libur Panjang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

dr. Reisa: Staycation Pilihan Terbaik Mengisi Libur Panjang

Editor: Redaksi
Senin, 26 Oktober 2020 00:15 WIB

dr Reisa. Brotoasmoro, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Masa libur panjang akhir bulan ini cukup lama, yaitu mulai 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Selama ini momen libur panjang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah.

Namun, ada kekhawatiran dari pemerintah karena masa pandemi COVID-19 belum berakhir dan berpotensi terhadap penularan virus COVID-19. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Brotoasmoro menyayangkan jika hal itu terjadi, saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/10/2020).

Nah, dalam menikmati masa libur panjang, Reisa membagikan tips bagi masyarakat. Staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja bisa jadi pilihan terbaik karena dinilai paling aman dan masyarakat dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan dapat melibatkan seluruh anggota keluarga.

Staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). "Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," Reisa menuturkan.

Meski berlibur di rumah saja, Reisa merasa tidak kalah seru dibandingkan berlibur di luar rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan mulai tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya. Bisa juga memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga bahkan berolahraga bersama.

"Nah, untuk olahraga ini, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik. Yoga misalnya, senam atau mempraktikkan tips stretching dan angkat beban," lanjut Reisa. Namun bila masyarakat memutuskan untuk berolahraga di luar rumah, perhatikan intensitasnya. Untuk tingkat intensitas ringan disarankan tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

 

sumber : Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Berita Terkait

Bangsaonline Video