Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ndalem Pojok, Rumah Masa Kecil Bung Karno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ndalem Pojok, Rumah Masa Kecil Bung Karno

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 28 Oktober 2020 13:47 WIB

Saat pasukan pengibar bendera menaikkan bendera diiringi Lagu Indonesia Raya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tanggal 28 Oktober 1928, atau 92 tahun lalu, berlangsung Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda. Momentum Sumpah Pemuda menjadi salah satu titik balik perjalanan bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Guna memperingati hari bersejarah itu, situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , menggelar upacara yang diikuti oleh beberapa elemen masyarakat. Hafizh Lulus Sima Tanaya, siswa kelas 2 SMP bertindak sebagai Inspektur Upacara. Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian santuan kepada anak yatim sekitar ndalem pojok.

Sikan Abdilah, Ketua Harian Situs Persada Sukarno, menjelaskan bahwa upacara ini dimaksudkan sebagai pengingat bagi generasi sekarang, bahwa pada tanggal 28 Oktober adalah .

"Api sumpah pemuda adalah api kebersamaan, persaudaraaan. Menanggalkan ego suku, ras, agama, kepercayaan, kepentingan kelompok, golongan, dan lain-lain. Kita berdiri bersama bersumpah satu saudara. Saudara satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa," katanya.

"Seandainya tidak ada Sumpah Pemuda, maka tidak akan pernah ada Proklamasi Kemerdekaan Atas Nama Bangsa. Seandainya tidak ada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa,  tidak akan pernah ada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Kiranya memperingati dan mensyukuri tidak kalah penting dibanding memperingati Hari Kemerdekaan dan Hari Berdirinya NKRI," tegas Sikan Abdilah, Rabu (28/10).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video