​Perkuat Kelembagaan, PC Pagar Nusa Sumenep Kunjungi MWC NU Pragaan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
Minggu, 01 November 2020 17:59 WIB

PC Pagar Nusa Sumenep sedang memeragakan jurus saat kunjungi MWC NU Pragaan.

SUMENEP, BANGAONLINE.com - Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Sumenep mengunjungi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Pragaan, guna bersilaturahim dan memperkuat kelembagaan Pencak Silat Pagar Nusa, Sabtu (31/10/2020).

Ketua PC Pagar Nusa Sumenep, Abd. Muis Ali Wafa menjelaskan, tujuan kedatangan pihaknya selain silaturahim, juga untuk mengenalkan program prioritas Pagar Nusa. Yaitu, menguatkan lembaga dan pengembangan latihan Pencak Silat Pagar Nusa, baik di pesantren, serta tempat umum lainnya.

“Zaman Wali Songo, pesantren selain menjadi tempat menimba ilmu agama, juga sebagai lahan pembinaan para pendekar. Kenyataan ini mulai memudar, dan kita inginkan kembali seperti dulu lagi,” kata Muis.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan asal muasal nama Pagar Nusa itu sendiri. Yaitu dari kata Pagar yang berarti benteng, sedangkan Nusa dari penggalan kata Nahdlatul Ulama (NU) dan Bangsa. "Dalam arti, Pagar Nusa berarti bentengnya ulama dan bangsa," urainya.

Sementara itu, Ketua MWC NU Pragaan, Drs. KH. Ahmad Junaidi Muarif mengakui selama ini Pagar Nusa merupakan bentengnya ulama dan NKRI. “Siapa pun yang mau merongrong eksistensi NU dan NKRI akan berhadapan dengan Pagar Nusa,” tegasnya.

Ia berharap, silaturahim penguatan struktur ini ada tindak lanjut yang nyata agar kegiatan santri dari anggota Pagar Nusa bisa berjalan di Kecamatan Pragaan. (aln/ian)