Pengasuh PP Sidogiri Dukung Teno-Hasjim, Lujeng: Itu Hak Kiai Nawawi, Pasti Ada Pertimbangannya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengasuh PP Sidogiri Dukung Teno-Hasjim, Lujeng: Itu Hak Kiai Nawawi, Pasti Ada Pertimbangannya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Selasa, 17 November 2020 11:56 WIB

Lujeng Sudarto, Direktur Pusaka.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Direktur Pusat Kajian dan Kebijakan Publik (Pusaka) Pasuruan, Lujeng Sudarto, menanggapi tudingan sejumlah pihak yang menyatakan bahwa dukungan Pengasuh Ponpes ke Teno-Hasjim sebagai bentuk politisasi kiai.

Menurutnya, dukungan kiai atau ulama ke paslon saat ini menjadi hal yang lumrah di perhelatan pilkada serentak. Ia mencontohkan pada Pilgub Jatim 2018 lalu, sejumlah kiai juga ada yang mendukung Khofifah maupun Gus Ipul.

"Pada Pilbup Pasuruan 2008 pun juga sama, afiliasi kiai juga terbelah kepada tiga kandidat, ada yang mendukung Abah Yus, ada yang ke Pak Muzammil, juga tidak sedikit yang ke Pak Dade. Begitu pula pada Pilbup Pasuruan 2013, hampir semua calon bupati mendapat sokongan politik dari para kiai," ungkap Lujeng, Selasa (17/11).

"Sekadar mengingatkan, bahwa dukungan politik kiai itu tidak pernah tunggal, afiliasi kiai itu beragam. Dimulai dari pilpres, jangankan satu organinasi, satu pesantren saja dukungan politik saja bisa pecah dan berbeda," kata Lujeng.

Karena itu, ia menganggap tudingan politisasi kiai atas dukungan Pengasuh Ponpes , KH Nawawi Abdul Djalil terhadap pasangan Teno-Hasjim merupakan bentuk kecemburuan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video