Tumbuhkan Wirausaha Baru, Dinkop Trenggalek Gelar Pelatihan Wanita Hebat Berwirausaha

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Selasa, 17 November 2020 15:42 WIB

Sekda Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si., (tengah) dan Kadinkop Trenggalek Drs. Agus Setiyono (kanan). (foto: ist)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi wanita, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan menggelar Pelatihan Perempuan Hebat Berwirausaha.

Pelatihan ini digelar selama tiga hari dari tanggal 16 November hingga 18 November 2020 dan dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Senin (16/11/2020).

Dalam sambutannya, Joko menyampaikan, pelatihan ini merupakan pelatihan yang strategis dalam upaya penumbuhan wirausaha baru maupun menaikkan kelas usaha mikro.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini, kata Joko lebih lanjut, adalah narasumber hebat dari femalepreneur Indonesia seperti Titik Rusmiati atau biasa dipanggil Rosi, lalu ada nama Emmy Surya, dan Mario Eva.

"Saudara akan menerima materi yang menarik sesuai dengan perkembangan era digital 4.0, yaitu mindset dan analisis data, desain produk dan kemasan, seni menjual lewat tulisan, fundamental marketing, penjualan di marketplace, pengelolaan SDM, dan desain iklan di media sosial," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Drs. Agus Setiyono dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan dari agenda penumbuhan wirausaha baru tahun 2020.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi perempuan di Kabupaten Trenggalek tentang seluk-beluk pengelolaan usaha," kata Agus.

Seluk-beluk pengelolaan usaha tersebut, kata Agus, meliputi manajemen usaha, perencanaan keuangan, desain produk dan kemasan, teknik marketing dan penguasaan marketplace, pengelolaan SDM, dan jejaring.

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan ini para peserta pelatihan akan mampu menumbuhkan wirausaha baru maupun berbagai inovasi untuk mengembangkan usahanya.

"Dengan demikian, dapat meningkatkan kapasitas dan volume usaha, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Trenggalek khususnya dan ekonomi nasional pada umumnya," tukasnya. (man/zar)