Tingkatkan Kualitas Produksi, Pemkot Mojokerto Gelar Pelatihan Teknik Ecoprint Bagi Pelaku UMKM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Kualitas Produksi, Pemkot Mojokerto Gelar Pelatihan Teknik Ecoprint Bagi Pelaku UMKM

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Rochmad Aris
Selasa, 17 November 2020 19:29 WIB

Eva Hardjosoekarto bersama salah satu peserta pelatihan. (foto: ist)

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan hasil produksi yang berkualitas dan pertumbuhan perekonomian, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Disperindag Kota Mojokerto menggelar kegiatan pelatihan keterampilan membatik ecoprint kepada para pelaku IKM dan UMKM.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dengan dihadiri 40 peserta yang terdiri dari para perajin batik, desainer, dan pelaku IKM yang ada di Kota Mojokerto, bertempat di Gedung Workshop Surodinawan Kota Mojokerto, Selasa (17/11/2020).

Dalam pelatihan ecoprint tersebut, para peserta dilatih teknik mengenai cara membuat pola dan dan teknik memberi warna pada sebuah kain dengan menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. Di antaranya, bunga, daun, batang, dan akar.

Eva Hardjosoekarto, Pemateri Ecoprint dan Shibori mengatakan, berbagai limbah daun dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bentuk dari berbagai macam produk. Menurutnya, bunga, daun, batang, dan akar memiliki nilai keunikan dan unsur seni tersendiri, dan dapat menjadikan produk kain batik, sepatu, taplak meja, dan lainnya menjadi bernilai jual tinggi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video