Satgas Probolinggo Bantah Keras Soal RSUD Tongas Covidkan Bumil | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Satgas Probolinggo Bantah Keras Soal RSUD Tongas Covidkan Bumil

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Selasa, 17 November 2020 19:36 WIB

RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Santer pemberitaan jika RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo meng-covid-kan ibu hamil (bumil) saat melahirkan. Berita ini dibantah keras Satgas Penanganan Covid-19 setempat.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Vironica mengatakan, jika berita yang beredar bahwa RSUD Tongas meng-covid-kan ibu hamil (bumil) itu tidak benar alias hoaks.

“Yang terjadi adalah, ibu hamil tersebut di Puskesmas Besuk sudah bukaan 7 dengan hasil rapid test antibodi reaktif, sehingga direncanakan untuk dirujuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Tetapi karena ruang isolasi di RSUD Waluyo Jati Kraksaan penuh, sehingga bumil tersebut harus dirujuk ke RSUD Tongas,” katanya.

Menurut Dewi, Puskesmas Besuk sudah memberikan KIE kepada suami. Dan suami juga sudah menandatangani surat persetujuan rujuk ke RSUD Tongas. Bahkan, Puskesmas Besuk sudah memvideo proses edukasi kepada keluarga.

“Video sudah dikirim ke RSUD Tongas sebagai syarat sebelum merujuk dan sudah diterima oleh RSUD Tongas. Setelah melahirkan, esok harinya pasien dilakukan swab tanggal 12 dan 13 Nopember 2020,” jelasnya.

Dalam keterangannya, Dewi juga membantah adanya intimidasi dari petugas kesehatan. Menurutnya, setiap pasien pasti akan dilayani, baik itu di rumah sakit maupun di puskesmas. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video