Realisasi ZIS Terus Meningkat, Sekda Sumenep Minta Baznas Terus Gali Potensi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Realisasi ZIS Terus Meningkat, Sekda Sumenep Minta Baznas Terus Gali Potensi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Rabu, 18 November 2020 19:09 WIB

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Baznas Kabupaten Sumenep, Rabu (18/11/20).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumenep diharapkan bisa membuat program terobosan yang konstruktif bagi pengembangan Baznas melalui aksi-aksi nyata dalam pengelolaan Zakat, Infak, dan Shadaqah (ZIS) di daerah.

Demikian harapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si. pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Baznas Kabupaten Sumenep, bertampat di salah satu hotel di Sumenep, Rabu (18/11/2020).

Hingga saat ini, pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah di Kabupaten Sumenep masih rendah jika dibandingkan dengan potensi yang bisa digali untuk pengumpulan ZIS masa mendatang.

Menurutnya, pada 2019 lalu Baznas Kabupaten Sumenep berhasil mengumpulkan zakat sebanyak Rp 459.014.729,00. Sedangkan tahun 2020 sampai dengan saat ini berjumlah sekitar Rp 726.436.100,00.

“Pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah harus dimaksimalkan dengan baik. Sebab, program ini memiliki manfaat luar biasa bagi masyarakat. Indikasinya, telah menurunkan angka kesenjangan antara kaya dan miskin, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga meningkatkan penyediaan infrastruktur,” jelasnya.

Baznas juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga pendidikan maupun kelompok-kelompok milenial.

Bahkan, Baznas juga semakin modern dalam bersosialisasi dengan menggunakan media sosial berbasis aplikasi untuk mengumpulkan ZIS. Sehingga, hal ini mempermudah masyarakat maupun pembuatan regulasi, guna menambah potensi zakat, infaq, dan shadaqah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video