Genbi Komisariat IAIN Kediri Latih Petani Kopi Lereng Kelud | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Genbi Komisariat IAIN Kediri Latih Petani Kopi Lereng Kelud

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 19 November 2020 10:39 WIB

Suasana pelatihan tentang sistem pertanian, pengolahan, hingga pemasaran kopi yang diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat IAIN Kediri. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan petani kopi di lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri mengikuti pelatihan tentang sistem pertanian, pengolahan, hingga pemasaran kopi yang diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat IAIN Kediri. Pelatihan digelar di Rumah , Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kabupaten Kediri.

Ada tiga puluh orang petani kopi yang mengikuti pelatihan ini. Mereka secara khusus dilatih oleh dua orang pakar kopi, yakni Bambang Sriono dan Zainudin.

Keduanya memberikan ilmu tentang tata cara budidaya, pengolahan, hingga pemasaran kopi dengan kualitas dan nilai ekonomi yang tinggi.

"Pelatihan ini penting untuk mendorong kualitas kopi di Lereng Kelud agar mampu bersaing di pasar regional bahkan hingga internasional," ujar Rini Isnaini, dari Genbi Komisariat IAIN Kediri.

Sementara itu Sudarmono, salah satu petani mengatakan materi pelatihan yang disampaikan dua pakar tersebut cukup membuka wawasan mereka yang selama ini masih menggunakan cara-cara tradisional.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video