Ini Dia Besaran Bayaran Wasit ISL

Kamis, 05 Februari 2015 16:41 WIB

Salah seorang wasit yang dikeroyok di salah satu pertandingan ISL. foto: sportiplus.com

BangsaOnline - PT Liga Indonesia mengeluarkan terobosan baru terkait regulasi administrasi wasit yang bertugas di Liga Super Indonesia (ISL) musim depan. Mereka akan membayar langsung upah wasit ISL setelah memimpin pertandingan.


Regulasi ini diterapkan demi memperkecil risiko pengaturan skor. Sebelumnya, upah wasit dibayarkan oleh pihak klub. Dengan sistem seperti ini, tentu wasit sangat sering berinteraksi dengan tim tuan rumah sehingga sangat rentan menerima intervensi.

"Selain mengurangi risiko kejadian yang tak diinginkan, sistem seperti ini juga menguntungkan wasit. Gaji kami tak ditahan-tahan lagi," kata anggota Komite Wasit, Jimmy Napitupulu, kepada VIVA.co.id, Kamis 5 Februari 2015.

Lantas, berapa sebenarnya bayaran wasit ISL musim ini? Jimmy menyatakan, tak ada peningkatan upah dari wasit ISL musim 2015.

"Untuk wasit tengah bayarannya Rp5 juta, asisten wasit Rp3 juta, wasit cadangan Rp1,5 juta, pengawas pertandingan Rp2,5 juta. Kami sedikit lega karena PT Liga juga menggaransi akomodasi serta transportasi. Selain itu, ada bonus 25 persen kepada wasit yang bertugas di laga-laga besar," jelas Jimmy.

Pria yang memegang lisensi dari FIFA ini membeberkan, ada 102 wasit yang akan bertugas di ISL musim depan. Komposisinya, 39 wasit tengah dan 63 asisten.

"Ada 12 wasit yang promosi dari Divisi Utama. Beberapa wasit musim lalu juga ada yang mundur. Sebenarnya, akan ada tes lagi, nanti tanggal 13 hingga 15 Februari. Tempatnya di Sawangan, sekaligus penyegaran juga. Mudah-mudahan lulus semua," jelas Jimmy.

 

sumber : viva.co.id