Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Januari 2021, ​Pemprov Jatim Matangkan Detailplan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Januari 2021, ​Pemprov Jatim Matangkan Detailplan

Editor: MMA
Selasa, 24 November 2020 09:41 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi sambutan dalam acara Peringatan Hari Guru di Islamic Center, Senin (23/11). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menegaskan bahwa Pemprov Jawa Timur sedang mematangkan detailplan teknis pembelajaran tatap muka di sekolah yang akan dimulai pada Januari 2021 mendatang.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ingin memastikan bahwa dibukanya kembali sekolah secara menyeluruh, secara teknis menjamin keamanan bagi para siswa dan guru. Ia ingin pembelajaran di sekolah di tengah pandemi tetap aman bagi siswa dan guru dan kegiatan belajar mengajar bisa dimaksimalkan.

Penyiapan ini selaras dengan pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menyebut bahwa pembelajaran tatap muka sudah mulai diizinkan mulai Januari 2021 mendatang.

"Kita berharap persiapan untuk bisa melakukan proses belajar yang lebih masif, sedang kita maksimalkan. Mendikbud memberikan gambaran awal 2021 belajar tatap muka akan sudah dimulai, maka sekarang kita sudah mulai siap-siap semuanya. Seperti luasan ruang belajar, tempat cuci tangan yang cukup sesuai kapasitas, lamanya proses belajar di sekolah, teknis pengawalan protokol kesehatan di semua lini dan sebagainya harus dipastikan siap mengingat kemampuan masing-masing sekolah tidak sama," kata Gubernur , dalam wawancara media usai menghadiri Peringatan Hari Guru di Islamic Center, Senin (23/11).

Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan sekolah. Sekolah yang akan digunakan siswa untuk belajar tatap muka harus seluruhnya disemprot desinfektan. Jarak bangku di kelas. Semua komunitas di sekolah wajib Bermasker dan standart protkes lainnya harus dipatuhi.

Kemudian kondisi kelas juga diatur agar tempat duduk siswa menerapkan physical distancing dengan jarak minimal 1 meter. Bahkan, jika memungkinkan bagi sekolah yang memiliki aula, bisa digunakan nantinya sebagai ruang kelas sementara.

Meski begitu, menegaskan, jika Januari 2021 nanti sekolah kembali dibuka untuk pembelajaran tatap muka, maka tidak berarti seluruh siswa masuk kelas di saat yang sama. Regulasinya akan kita detailkan dengan musyawarah yang melibatkan MKKS dan perwakilan kepala sekolah serta wali murid. Tahap awal mungkin masih harus menerapkan sistem sekolah hybrid dengan porsi yang akan disesuaikan.

Maksudnya, meski ada sebagian siswa yang sudah boleh sekolah tatap muka, sebagian yang lain bisa melakukan sekolah secara daring dari rumah secara bergantian.

"Sekolah tatap muka juga akan dilakukan dengan kondisi jam belajar yang belum full, kantin belum buka, dan jam belajar tanpa istirahat. Pentahapan tetap dilakukan sampai benar- benar zona hijau semua," tegasnya.

Sistem teknis sebelum belajar tatap muka di sekolah dimulai itu kini sedang dimatangkan. Sehingga orang tua juga tidak perlu khawatir karena dalam kelas tidak otomatis langsung dibuat penuh siswa. Melainkan separo siswa tetap sekolah daring, sampai dilihat seluruh sistem yang diterapkan dalam kurikulum bisa dilaksanakan dengan cara yang komprehensif.

"Jadi untuk Januari 2021 nanti, kita minta semua dihitung, kelas dengan diisi siswa berjarak satu meter itu muat berapa, lalu satu hari sekolah berapa jam, tanpa istirahat, siswa bawa makanan dari rumah. Ini semua harus dihitung kembali sehingga Januari kita sudah punya detailplan," kata .

Lebih lanjut Gubernur menegaskan, bahwa selama masa pandemi covid-19 yang signifikan terdampak adalah kegiatan belajar mengajar.

Ia mengapresiasi bahwa justru di tengah pandemi, banyak prestasi yang diraih Jawa Timur. Sebut saja prestasi yang membanggakan yang baru saja diraih Jatim adalah Juara Umum Kompetisi Sains Nasional.

Hal tersebut tak lepas dari peran guru yang terus membimbing siswa Jatim untuk terus berprestasi di berbagai level.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video