Kualitas Layanan Kampus Meningkat, Unusida Gelar Wisuda 230 Sarjana

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sabtu, 28 November 2020 17:10 WIB

SELAMAT: Salah satu wisudawati Unusida saat prosesi wisuda di Hotel Utami, Sabtu (28/11). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar wisuda yang ketiga di Aula Madinah Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Sabtu (28/11).

Wisuda diikuti oleh 230 sarjana dari berbagai fakultas. Jumlah wisudawan dan wisudawati ini meningkat seiring dengan peningkatan kualitas layanan kampus.

Dalam prosesi wisuda ini, panitia menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Selain menjaga jarak, semua peserta menggunakan face shield dan masker, serta mencuci tangan dan dicek suhu badannya.

Rektor Unusida, Dr Fatkul Anam mengatakan wisuda ketiga tahun 2020 ini, jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Hal ini sesuai target penerimaan mahasiswa baru yang terus mengalami peningkatan.

"Saat wisuda pertama pesertanya 99 orang, wisuda kedua 169 orang, dan sekarang ada 230 mahasiswa yang ikut wisuda," cetus Fatkul Anam seusai Rapat Terbuka Senat Unusida.

Fatkul Anam menambahkan, peningkatan jumlah wisudawan dan wisudawati ini seiring dengan peningkatan kualitas layanan kampus. Hal ini dibuktikan dengan predikat terbaik ke-8 dari 251 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) se-Indonesia dalam sistem penjaminan mutu internal.

"Kami siap memperbaiki semua sistem dan berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan untuk para mahasiswa, dosen, dan masyarakat. Harapannya, perbaikan itu menjadi tumpuan dalam penjaringan mahasiswa baru tahun depan," tandas Fatkul Anam.

Ketua Panitia Wisuda Ketiga Tahun 2020 Unusida, Ali Masykuri menambahkan jumlah mahasiswa yang diwisuda ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa angkatan pertama dan kedua.

Menurut mantan anggota DPRD Sidoarjo periode 2014-2019 ini, sebagai perguruan tinggi baru, Unusida harus banyak berbenah.

"Kendalanya selalu ada. Yang pasti, kami terus membenahi semuanya secara bertahap. Termasuk kekuatan dan kekompakan seluruh civitas akademik. Pembangunan kampus diharapkan perlahan tapi pasti, bisa memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya," tandasnya.

Ali menjelaskan, 230 wisudawan dan wisudawati itu berasal dari Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Komputer (Filkom), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Untuk FT sebanyak 19 orang, Filkom 45 orang, FE 58 orang, dan FKIP 108 orang wisudawan dan wisudawati.

Dalam Rapat Terbuka Senat Unusida Sidoarjo ini, juga terdapat 6 wisudawan terbaik. Mereka yakni Ajad Sudrajad, S.T. dari FT dengan nilai IPK 3,74; Ahmad Khoir Al-Haq, S.Kom. dari Filkom dengan nilai IPK 3,94; Afifatus Sholikhah, S.M. dari FE dengan IPK 3,81.

Juga Elya Fambar Sari, S.Pd. dari FKIP dengan nilai IPK 3,90; A Musonnifin Aziz, S.T. dari FT dengan nilai IPK 3,67; serta Nur Asitah, S.Pd. dari FKIP dengan nilai IPK 3,72. Sedangkan wisudawan terbaik Unusida diraih Ahmad Khoir Al-Haq, S.Kom. dari Filkom dengan nilai IPK 3,94.

Sementara untuk wisudawan berprestasi diraih dua mahasiswa. Yakni A Musonnifin Aziz, S.T. dari FT dengan kategori berprestasi dalam kegiatan kemahasiswaan dan Nur Asitah, S.Pd. dari FKIP dengan kategori berprestasi dalam publikasi ilmiah internasional.

Selain itu, ada wisudawan disabilitas, yakni Muchammad Lailul Romadhon, S.Kom. dari Filkom dengan nilai IPK 3,70.

Sejumlah pejabat dan tokoh menghadiri acara wisuda Unusida ini. Di antaranya Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono dan Ketua DPRD Sidoarjo Usman. (sta/rev)