​Keistimewaan Tenun Ikat Kediri, "Menjual" Buatan Tangan, Jadi Banjir Pesanan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Keistimewaan Tenun Ikat Kediri, "Menjual" Buatan Tangan, Jadi Banjir Pesanan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 30 November 2020 11:43 WIB

Penenun sedang melakukan aktivitasnya. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam sehari, seorang penenun di Kota Kediri hanya mampu menghasilkan 1,5 lembar kain ukuran 250 x 90 cm dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Sekilas, meski tampak lambat dan akan kalah dengan industri, namun ternyata justru itu keunggulannya. Belum lagi promosi yang gencar dilakukan oleh Pemkot Kediri dengan berbagai cara, hal itu meningkatkan jumlah permintaan sehingga para pengusaha tenun kewalahan.

"Ada pesanan dari luar negeri, terpaksa kami tolak karena kami tak bisa mencukupi kuantitasnya," kata Eko Hariyanto, Pengusaha Tenun AAM di Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Senin (30/11/2020).

Eko mengaku, untuk mencukupi pesanan dari dinas dan perusahaan di lingkup Kota Kediri saja masih kurang.

Ia juga mencoba skema dengan KUB (Kelompok Usaha Bersama) Tenun Ikat Kediri yang sudah ada di Bandar Kidul yang Eko pernah menjadi ketuanya. Skemanya misalnya, satu pengusaha kebanjiran order, lalu mengambil barang milik pengusaha lain untuk memenuhi. Ternyata ini pun tak bisa, sebab masing-masing pengusaha juga berusaha memenuhi pesanan.

"Promosi dari pemkot mulai dengan DSF (Dhoho Fashion Street), dengan pameran, juga anjuran untuk pakai tenun bagi staf dinas memang menaikkan pesanan hingga semua produk terserap," tambah Eko.

Namun sebagaimana karakter produk buatan tangan, lanjut Eko, skala produksi memang kecil. Bila ingin menambah volume produksi, maka harus menambah tenaga kerja. Ini tidak mudah. Selain perlu menambah ATBM, juga penenunnya. Eko mulai membina generasi muda, usia 20 tahunan yang minat dengan tenun. Butuh waktu 2-3 bulan untuk menjadi penenun yang bisa diandalkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video