​Dirikan Kawasan Industri Halal, Gubernur Khofifah: IKM-UKM Jatim Bisa Jadi Pemain Global | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dirikan Kawasan Industri Halal, Gubernur Khofifah: IKM-UKM Jatim Bisa Jadi Pemain Global

Editor: MMA
Senin, 30 November 2020 16:08 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi bakal lokasi Kawasan Industri Halal (KIH) Jatim di Safe N Lock Eco Industrial Park, Sidoarjo, Minggu (29/11). foto: ist/ bangsaonline.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengatakan berdirinya Kawasan Industri Halal (KIH) di Jatim akan mendorong perkembangan industri produk halal di Indonesia untuk lebih maju lagi. Ia berharap produk makanan halal di Indonesia tembus sepuluh besar dunia. Saat ini produk fashion halal Indonesia telah masuk kedua terbesar dunia.

Termasuk dalam memproduksi semakin banyak produk halal yang berkualitas baik untuk pasar konsumsi dalam negeri maupun untuk melayani kebutuhan produk halal dunia.

“Jumlah penduduk muslim dunia sangat besar. Menurut Global population (2019), penduduk muslim dunia tercatat 24 persen setara 1,9 miliar orang. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, saat ini tercatat 229 juta jiwa. Ini potensi sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan IKM dan UKM asal Jatim untuk menjadi pemain global dalam industri makanan halal,” ungkap saat mengunjungi bakal lokasi Kawasan Industri Halal (KIH) Jatim di Safe N Lock Eco Industrial Park, , Minggu (29/11).

Dalam kunjungannya tersebut, mengapresiasi kawasan industri halal yang mengakomodasi IKM dan UKM yang juga mengusung konsep halal industri di Jawa Timur. Dirinya meyakini, impian nyata bagi pelaku IKM dan UKM Jatim bisa segera menjadi kenyataan.

"Hadirnya Kawasan Industri Halal akan mendorong perkembangan industri produk halal di Jatim. Bagi IKM dan UKM, Ini seperti mimpi jadi kenyataan karena tiba-tiba punya peluang, mereka bisa punya pabrik,” kata .

Kawasan Industri Halal sendiri adalah suatu area yang dikhususkan untuk produksi dan tempat penyimpanan produk halal. Di mana integritas suatu produk halal dijamin oleh kawasan melalui sistem dan prosedur halal yang ketat.

Kawasan Industri Halal ini merupakan pengembangan kawasan indistri di Safe N Lock berdiri di atas lahan seluas ± 410 hektare. Lahan kawasan industri halal ini direncanakan total 148 hektare. Sebagai pengelola, PT. Makmur Berkah Amanda siap menambah luasan kawasan industri halal, terutama untuk sektor pariwisata, makanan dan minuman, kosmetik hingga kesehatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video