​Kisah di Balik Dapur RS Kilisuci, Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19 Kota Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kisah di Balik Dapur RS Kilisuci, Rumah Sakit Khusus Pasien Covid-19 Kota Kediri

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 01 Desember 2020 12:06 WIB

Tim gizi saat menyiapkan dan menyusun menu makanan bagi pasien Covid-19. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menu makanan merupakan hal penting selain perlakuan pengobatan untuk perawatan pasien Covid-19. Tim gizi harus memperhatikan menu diet untuk memastikan gizi terpenuhi sekaligus memperhatikan penyakit penyerta pasien. Pujian dan kritikan kerap kali diterima oleh tim gizi.

"Tugas tim gizi adalah memesan makanan, menentukan siklus menu/perencanaan menu, dan labelling karena ada beberapa pasien yang punya menu khusus diet karena penyakit bawaan," kata Indra Widayati, Tim Gizi RS Kilisuci, rumah sakit khusus Covid-19, Selasa (1/12/2020).

Menurut Indra, tim gizi memastikan makanan tersedia untuk 38 pasien yang dirawat dan 64 orang staf medis yang menangani. Makanan diberikan 3 kali sehari ditambah 2 kali snack. Menu tim medis dan pasien sama, sebab tim medis juga membutuhkan TKTP (Tinggi Kalori Tinggi Protein).

Selain kecukupan dalam hal jumlah, lanjutnya, jenis makanan juga dipantau oleh tim gizi. Pasien dengan penyakit penyerta menjadi fokus tim gizi untuk memastikan makanan yang disajikan sesuai dengan dietnya. Hal ini yang terkadang tidak mudah, sebab pasien kerap kali komplain karena makanan menjadi tidak enak atau menunya sedikit.

"Tugas ahli gizi adalah memberikan konseling ke pasien dan keluarga yang diet agar paham makanan-makanan apa yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pasien," tambah Indra.

Kisah komplain ini juga dirasakan oleh Rofianus Sundu Siyah, katering yang menyediakan menu yang sudah disusun oleh ahli gizi. Rofianus mengatakan bahwa tim gizi menyediakan makanan dengan memesan katering karena di RS Kilisuci tidak ada tenaga masak dan ruang khusus yang bisa digunakan sebagai dapur untuk menyiapkan makanan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video