PT KAI Segera Bangun Trem di Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PT KAI Segera Bangun Trem di Surabaya

Editor: Revol
Wartawan: Maulana
Minggu, 08 Februari 2015 23:52 WIB

Ilustrasi. (wikimedia.org)

SURABAYA (BangsaOnline) - Megaproyek angkutan massal cepat (AMC) berupa akan segera digarap. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yang akan mendanai pembangunan tersebut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah selesai melakukan survei jalur yang akan dilewati . Secara umum jalur akan memfungsikan rel KAI yang selama ini tidak dipakai.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan, proses persiapan pembangunan tinggal menunggu tender. Dalam waktu dekat, PT KAI akan membuka tender untuk memulai proyek yang akan membentang dari selatan-utara Surabaya. Pembangunan ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Sebab, dari segi pembiayaan sudah ditanggung sepenuhnya oleh PT KAI. "Tahun ini pembangunan diperkirakan selesai, cepat kok menurut mereka (KAI), karena uangnya suda siap," jelasnya, Minggu (8/2).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menegaskan, PT KAI sudah melakukan finalisasi jalur yang akan dilewati .

"Tidak lama lagi monorail akan segera menyusul, nanti yang ngontrol pembangunan ini orang Surabaya yang kerja di PT KAI, jadi enak dan mudah ngontrolnya kalau asli Surabaya," jelas Risma, sapaan akrabnya.

Jalur ini akan membentang sepanjang sekitar 17 kilometer (km). Titik dari selatan akan dimulai dari Wonokromo-Kebun Binatang Surabaya (KBS)- Jalan Pandegiling-Embong Malang-Kedungdoro-Pasar Blauran-Pasar Turi dan menuju Surabaya utara yakni di Jalan Indrapura, memutar ke arah Jalan Rajawali-Jembatan Merah-Tugu Pahlawan- Jalan Tunjungan-Jalan Panglima Sudirman dan kembali lagi menuju Wonokromo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   trem

Berita Terkait

Bangsaonline Video