Pengusaha Bunga Hias Tetap Eksis di Tengah Pandemi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengusaha Bunga Hias Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 20 Desember 2020 17:22 WIB

Faiz (kaos putih), pemilik kios bunga Lek Faiz saat melayani pengunjung yang sedang melihat Bunga Monstera Varigata di kiosnya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Usaha hias ternyata tetap menjanjikan di tengah pandemi Covid-19 ini. Buktinya, banyak pengusaha hias baik di kota maupun di Kabupaten Kediri masih bisa menjalankan usahanya. Bahkan, mereka masih bisa menggelar pameran hias di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri.

Faiz, pemilik kios Lek Faiz saat ditemui di sela-sela pameran hias tersebut, menjelaskan bahwa usaha miliknya mulai dirintis sekitar tahun 2004 lalu.

Menurut warga Dusun Mangunrejo, Desa Bangkok, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri ini, setiap tahun atau waktu-waktu tertentu, pasti ada jenis yang ngetop dan diburu para kolektor. Seperti gelombang cinta yang diburu kolektor pada kisaran tahun 2005-2006.

Menurut Faiz, gelombang cinta yang merupakan salah satu jenis Anthurium pernah menjadi tanaman yang hits hingga berharga ratusan juta rupiah per pohon. Tren tanaman Anthurium ini berlangsung pada kurun waktu 2006 hingga 2008 lalu. Orang berburu tanaman ini untuk diadikan koleksi.

Seiring berjalannya waktu, pamor gelombang cinta ini akhirnya jatuh juga. Lalu, baru-baru ini jagat maya digemparkan seseorang di Kediri yang menukar mobil keluaran tahun 2010 senilai Rp 105 juta dengan sebuah jenis caladium atau keladi dan 3 batang philodendron.

Sementara untuk di kiosnya, Faiz mengungkapkan harga tertinggi adalah jenis Monstera Varigata yang harganya mencapai 4 juta rupiah per batang atau tergantung jumlah daunnya. Pernah Monstera Varigata miliknya laku 1,5 juta rupiah untuk satu batang dengan 1 daun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video