Bupati Arifin Ajak ASN Trenggalek Sisihkan Hartanya 2,5 Persen untuk Zakat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Selasa, 22 Desember 2020 18:39 WIB

Bupati Arifin saat berada di Pendopo Kabupaten Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyampaikan instrumen besar yang mungkin telah merubah wajah Kabupaten Trenggalek adalah keajaiban zakat, infak, dan shodaqoh. Ia berharap tiga hal itu bisa berjalan langgeng dalam empat tahun ke depan.

"Semoga semakin berkah dan besok semakin tambah dan manfaatnya semakin besar dirasakan oleh masyarakat Trenggalek," harap Bupati Arifin mengawali sambutannya dalam acara Basnaz Award yang digelar di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Selasa (22/12).

Ia berharap, instrumen zakat itu bisa memengaruhi keputusan di jajaran birokrasi, salah satunya tentang promosi jabatan. Menurutnya, ketika seorang ASN ingin naik jabatan, maka salah poin pertimbangannya adalah apakah yang bersangkutan telah menunaikan zakat secara tertib atau tidak.

"Kenapa demikian, karena karakter seseorang itu bisa dilihat dari kepatuhan dia menjalankan kewajiban zakat," kata Arifin di hadapan para ASN.

"Menunaikan zakat jangan diartikan bahwa memberikan harta kita pada orang lain. Tapi, itu adalah hak orang lain yang dititipkan pada kita dan bercampur dengan harta yang kita miliki. Kalau anda tidak bisa ikhlas memberikan haknya orang lain, bagaimana mungkin sebagai abdi rakyat terus kemudian anda nanti mau melayani mereka, nonsense," sindirnya.

"Ibarat kata, per satu juta kalau dua setengah persen, dua puluh lima ribu. Dua puluh lima ribu saja anda gandoli, padahal itu haknya orang lain," tambahnya.

Selain mengajak para ASN untuk menyisihkan hartanya 2,5 persen untuk zakat, Arifin juga mengajak para abdi negara itu untuk memberikan sedekah informasi.

"Silakan anda sedekahkan informasi itu, kemudian silakan anda beritahu ke Basnaz mana lokasinya, silakan diantarkan," pintanya.

Selanjutnya, Bupati Arifin menantang para ASN untuk memberikan testimoni terkait keajaiban dari menunaikan zakat. Setelah ditunggu beberapa menit, muncullah dua wanita ASN yang menyampaikan keajaiban dari zakat. (man/ian)