​Siapkan Lida 2021 Via Online, 20 Peserta di Jatim Mulai Jalani Audisi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Rabu, 23 Desember 2020 18:53 WIB

Peserta Lida 2021 asal Jombang, Tiara.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memasuki tahun keempat, kompetisi Liga Dangdut Indosiar (Lida) 2021 digelar secara online. Indosiar kembali menjaring talenta-talenta muda berbakat di 34 provinsi di Indonesia mulai 15 November 2020 hingga 17 Januari 2021 mendatang.

Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad mengatakan, pilihan gelaran secara online tidak semata karena kondisi pandemi. Namun, juga untuk menangkap animo masyarakat di audisi sebelumnya yang harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di ibu kota provinsi atau kabupaten masing-masing.

“Panjangnya waktu pendaftaran mudah-mudahan akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online,” katanya, Rabu (23/12).

Ia menjelaskan, pria maupun wanita bisa ikut audisi online Lida 2021, asal berusia 14 hingga 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut atau melayu. Calon peserta dapat mendaftar melalui website dengan mengisi formulir secara online.

"Kartu identitas, foto terbaru full body dan close up. Tiap calon peserta juga harus meng-upload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan. Link video yang sudah di-upload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian.

Lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah “Gejolak Asmara” (Up Beat) dan “Tiada Tara” (Slow Beat) untuk peserta pria. Sedangkan wanita, lagu “Ditikam Asmara” (Up Beat) dan “Kulepas Dengan Ikhlas” (Slow Beat). Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

"Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi online via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar," terangnya.

Pada hari ini, dilakukan audisi secara online untuk peserta wilayah Jatim. Sebanyak 20 orang ikut audisi online di antaranya Tiara dari Jombang dan Fawwas dari Bangkalan.

Fawwas mengaku agak kesusahan karena mencari tempat untuk online. "Karena saya merantau di Jakarta, jadi susah online-nya. Coba pas di rumah, mungkin lebih mudah," jelas pria asal Bangkalan ini.

Pria lulusan pondok pesantren tersebut mengaku mulai belajar menyanyi sejak SMP, saat mengikuti Qori. Akhirnya ia memberanikan diri untuk ikut ajang pencarian bakat di Lida 2021.

Jika Fawwas terkendala tempat, peserta audisi yang berusia 18 tahun bernama Tiara terkendala oleh sinyal. Ia mengaku sinyalnya sempat terputus saat audisi berlangsung. "Terus juri nyaranin buat off dulu memperbaiki sinyal. Lalu on lagi buat dengerin nyanyian saya. Dan alhamdulillah lancar," ungkapnya.

Perempuan asal Jombang itu mengungkapkan bahwa sejak kelas 5 SD sudah suka bernyanyi. Apalagi sering diajak kakanya manggung. Ia bercerita jika dunia seninya dikenalkan oleh kakaknya. "Kalau dulu pertama tidak dibayar akhirnya dapat gaji pertama waktu itu sekitar Rp 120 ribu per manggung," ungkapnya pada media saat press conference. (diy/ian)