Usaha Membuat Coopers, Media Semai Modern Ramah Lingkungan di Tengah Pandemi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Usaha Membuat Coopers, Media Semai Modern Ramah Lingkungan di Tengah Pandemi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 27 Desember 2020 19:30 WIB

Yudi dan produk coopers-nya. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Datangnya pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020 silam, ternyata merubah segalanya, termasuk usaha yang dijalankan Yudi Santoso. Pria ini semula memproduksi pakaian renang. Kebetulan anaknya juga sebagai atlet renang.

Saat pandemi Covid-19 merebak, seluruh kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dihentikan, termasuk event olah raga. Hal tersebut berimbas pada menurunnya omzet penjualan pakaian renang, karena Yudi berjualan paling laris saat ada kompetisi renang.

"Sekarang hampir tidak ada yang membeli pakaian renang. Selain tidak ada kejuaraan, semua fasilitas renang juga ditutup," kata Yudi kepada wartawan, Sabtu (26/12).

Dengan kondisi seperti ini, akhirnya warga Desa Darungan, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini berpikir keras usaha apa yang seharusnya digeluti. Kemudian Yudi banting setir dengan membuat produk pertanian, yaitu Coopers (Cocopeat Press). Yaitu sebuah media tanam berbahan sabut kelapa untuk menyemaikan benih tanaman.

Untuk mengenalkan produknya, dia mengikutkan Coopers pada Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri. Tak disangka, Yudi berhasil meraih Juara II.

Media tanam berupa cocopeat press ini sangat memudahkan para petani menyemaikan bibit tanaman, karena tak perlu susah-susah membuat lahan untuk pembenihan. Yudi juga melihat peluang usaha pada sektor pertanian yang tidak terlalu terpengaruh pandemi.

"Tak perlu ribet dalam menanam, sangat praktis. Tinggal memasukkan benih ke lubang, kemudian dijaga kelembapannya sampai keluar tunasnya. Selain mempercepat persemaian, juga mampu memangkas biaya produksi petani saat persemaian benih," terang Yudi sambil mempraktikkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video