Tapak Tilas Jejak Perdamaian Nasional, BPIP Ziarah ke Makam Bung Karno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tapak Tilas Jejak Perdamaian Nasional, BPIP Ziarah ke Makam Bung Karno

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 30 Desember 2020 14:19 WIB

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi bersama rombongan saat ziarah ke Makam Bung Karno. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila () Prof. Yudian Wahyudi beserta rombongan melakukan ziarah ke Makam Bung Karno, Rabu (30/12/2020). Agenda ziarah ke Makam Presiden Pertama RI ini dilakukan sebagai peringatan dan apresiasi atas sumbangsih Presiden Soekarno kepada Bangsa Indonesia.

Dengan mendeklarasikan Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Soekarno berhasil menyatukan wilayah dan komunitas dengan beragam latar belakang agama dan budaya menjadi satu entitas politik tunggal bernama Republik Indonesia.

"Prestasi Soekarno menyatukan entitas politik secara damai ini, meneladani perjuangan Rasulullah SAW yang berhasil menaklukkan Kota Mekkah dengan semangat rekonsiliasi dan tanpa pertumpahan darah. Peristiwa yang dikenal dengan Fatkhul Makkah ini terjadi pada bulan Desember 629 Masehi," ujar Yudian Wahyudi usai memanjatkan doa di Pusara Bung Karno.

Usai ziarah ke Makam Bung Karno, rombongan langsung bergeser Makam Presiden RI Keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Karena pada bulan yang sama, tepatnya pada tanggal 30 Desember, Gus Dur yang dikenal sebagai Tokoh Pluralisme Indonesia itu wafat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video