Soal Kemungkinan Gagal Bangunan, Komisi 3 Sebut Proyek Jalan Ngampon - Bendo Perlu Dianalisa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Soal Kemungkinan Gagal Bangunan, Komisi 3 Sebut Proyek Jalan Ngampon - Bendo Perlu Dianalisa

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Selasa, 12 Januari 2021 15:32 WIB

Sukarodin, Ketua Komisi 3 DPRD Trenggalek saat di ruang rapat gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Ketua Komisi III DPRD Trenggalek, Sukarodin, mengatakan bahwa proyek pemeliharaan jalan Ngampon - Bendo perlu dilakukan analisa secara komprehensif untuk memastikan kualitas hasil pengerjaan.

Hal ini disampaikannya saat ditanya tentang kemungkinan proyek tersebut gagal bangunan, sebagaimana pernah disampaikan Ketua DPC Gapeksindo Kabupaten Trenggalek, Ganif Tanto Adi.

"Menurut komisi tiga, ketika ada orang yang berpendapat seperti itu (gagal bangunan, red), tentu punya alasan," kata Sukarodin dikonfirmasi usai menggelar rapat di gedung DPRD Trenggalek, Selasa (12/1).

Menurut anggota Fraksi PKB ini, ada sejumlah faktor hingga sebuah proyek bisa dikatakan gagal bangunan. Namun untuk proyek pemeliharaan berkala jalan Ngampon - Bendo, kata dia, kemungkinan ada kesalahan pada sisi perencanaan.

"Kalau perencanaannya salah, akan menjadi salah semua. Tapi bisa jadi perencanaannya sudah benar yang mengerjakan belum menyesuaikan dengan perencanaan yang ada, alias mungkin belum sesuai dengan RAB," dugaannya.

Karena itu, ia mengatakan perlu dilakukan pengecekan atau analisa terlebih dahulu jika ingin memberikan penilaian tentang proyek tersebut. "Tidak bisa dengan serta merta kita menilai ini bentuk proyek yang gagal bangunan. Jadi mesti diurut dulu, perencanaannya kayak apa. Kedua, kontur tanah sebelum dibangun itu kayak apa," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video