Bantu Warga Terdampak Banjir, ​Pemkab Kediri Dropping Air Bersih ke Daerah Bencana | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bantu Warga Terdampak Banjir, ​Pemkab Kediri Dropping Air Bersih ke Daerah Bencana

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 12 Januari 2021 16:00 WIB

Pemkab Kediri melakukan dropping air bersih ke daerah bencana. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan dropping air bersih bagi warga di Lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Besowo, Kecamatan Kepung. Wilayah tersebut kesulitan air bersih lantaran tandon penampungan air bersih rusak akibat banjir.

Rusaknya penampungan dan aliran air di wilayah Desa Besowo tersebut mengakibatkan ribuan warga mengalami krisis air bersih selama seminggu terakhir. Kerusakan aliran tersebut dipicu faktor alam, yakni material sungai di Lereng Gunung Kelud menyumbat saluran air yang biasa digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Saluran air yang menghubungkan ke bak penampungan tersebut mengalami rusak parah di sisi sebelah timur hingga tidak bisa digunakan lagi. Dampaknya, 6 dusun di 1 desa mengalami kesulitan air bersih. Sekitar 6.000 warga Desa Besowo sekarang hanya menggantungkan pasokan air dari BPBD Kabupaten Kediri dan PDAM.

"Mengatasi persoalan warga yang kekurangan air bersih tersebut, kami dari BPBD akan membantu mencukupi kebutuhan air bersih mereka secara bertahap, utamanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," terang Plt. Kalaksa BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, Selasa (12/1/2021).

Tak hanya dropping air, lanjut Slamet, pihaknya juga memberikan bantuan tandon air sebanyak 10 unit di Desa Besowo. Dari pantauan, warga Dusun Krajan, Desa Besowo antre mengambil air bersih dari tandon yang baru saja diisi petugas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video