​Gus Dur Cium Tangan dan Ngobrol dengan Sunan Ampel, Kesaksian Prof Dr KH Imam Ghazali Said | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gus Dur Cium Tangan dan Ngobrol dengan Sunan Ampel, Kesaksian Prof Dr KH Imam Ghazali Said

Editor: MMA
Minggu, 17 Januari 2021 22:19 WIB

foto: BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH Abdurrahman Wahid () dikenal memilki banyak keistimewaan. Selain hafal ribuan nomor telepon, juga bisa mencerna pembicara seminar, meski Presiden RI ke-4 itu dalam kondisi tidur.

Namun yang paling tak masuk akal ketika ngobrol dan mencium tangan Raden Rahmat. Itu terjadi saat ziarah ke makam di Surabaya dan disaksikan langsung Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., yang kini dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Menurut Kiai Imam Ghazali Said, saat ziarah itu masuk ke makam . “Di makam itu kan ada pagarnya,” tutur Kiai Imam Ghazali Said. Tak semua orang bisa masuk ke dalam pagar itu. Karena pagar itu ada pintunya yang selalu dikunci. “Kuncinya dipegang Kiai Nawawi,” kata Kiai Imam Ghazali Said lagi.

Jadi hanya orang-orang penting yang bisa masuk ke makam Sunan Ampel. Peziarah umum ada tempatnya sendiri, di luar pagar. Karena itu Kiai Imam Ghazali Said sendiri tak bisa masuk. Tapi ia bisa melihat dengan jelas. Saat itulah Kiai Imam Ghazali Said menyaksikan keanehan.

“Saya lihat dari jauh kayak mencium tangan orang, tapi saya tak lihat siapa orangnya. Lalu berbincang-bincang, duduk. Lama sekitar satu jam. Jadi kayak tidak ziarah, tapi omong-omongan. Pertanyaan saya, itu siapa kok ada orang ziarah kubur (tapi) kok kayak berbincang-bincang di ruang tamu,” tutur Kiai Imam Ghazali Said dalam acara Gergeran Bersama Kiai di channel youtube BANGSAONLINE TV.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video