Sungai Bengawan Jero Meluap, 7.726 Rumah dan 637 Hektare Sawah Tambak Terendam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sungai Bengawan Jero Meluap, 7.726 Rumah dan 637 Hektare Sawah Tambak Terendam

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Senin, 18 Januari 2021 16:04 WIB

Bupati Fadeli saat memberikan bantuan kepada warga korban banjir.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 7.726 rumah penduduk di 42 desa Kabupaten Lamongan terendam banjir luapan Sungai Bengawan Jero, Senin (18/1). Selain menggenangi permukiman, banjir juga merendam sarana-prasarana, infrastruktur jalan, lahan pertanian, dan sawah tambak seluas 637 Ha di enam kecamatan, yakni Pucuk, Maduran, Karanggeneng, Kalitengah, Turi, Karangbinangun, Glagah.

Menurut keterangan yang dihimpun BANGSAONLINE.com, Sungai Bengawan Jero meluap karena curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu mengakibatkan Sungai Bengawan Jero tak mampu menampung kiriman debit air dari anak-anak sungai yang mengalir dari wilayah selatan dan tengah Kabupaten Lamongan.

Pemerintah Kabupaten Lamongan sebenarnya telah mengupayakan berbagai hal untuk percepatan penanganan banjir, di antaranya melakukan pembersihan gulma eceng gondok bersama TNI, Polri, dan masyarakat di sepanjang anak sungai menuju Bengawan Jero.

Selain itu juga melakukan penanganan tangkis Kali Patih - Kali Plalangan - Kali Mengkuli, membagikan sembako pada masyarakat terdampak, dan mendirikan posko kesehatan di 6 wilayah kecamatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video