​BPCB Jatim: Temuan Lima Arca di Kediri Diduga Kuat Berasal dari Era Majapahit | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​BPCB Jatim: Temuan Lima Arca di Kediri Diduga Kuat Berasal dari Era Majapahit

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 18 Januari 2021 21:46 WIB

Kepala BPCB Provinsi Jawa Timur Zakaria Kasimin didampingi Kepala Disparbud Kabupaten Kediri Adi Suwignyo (kanan), saat memberikan keterangan pers di lokasi penemuan lima arca di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Provinsi Jawa Timur mengunjungi lokasi temuan lima , di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Senin (18/1/21). 

Dalam kunjungannya tersebut, Tim BPCB Provinsi Jatim juga melihat secara langsung dan mengidentifikasi masing-masing , di mana diduga berasal pada era Kerajaan .

"Lima yang ditemukan semuanya sudah kami lihat masing-masing dan jika ditelusuri dari ciri-ciri bentuk , posisi, dan bentuk reliefnya ini sesuai pada masa Kerajaan ," kata Kasub Unit Pengamanan dan Penyelematan BPCB Jatim Nonuk Kristiana di lokasi penemuan , Senin (18/1/21).

Disebutkan oleh Nonuk, salah satu ciri kalau tersebut berasal dari era adalah cara pembuatannya yang terlihat kasar, karena dibuat berdasarkan pakem lokal sendiri. "Lain halnya dengan di era Kerajaan Kediri dan Singasari, yang sangat halus. Hal tersebut karena buatan di era Kediri dan Singasari masih berpakem India," terang Nonuk.

Nonuk merinci, pada identifikasi itu juga diketahui bahwa benda peninggalan tersebut bukan berupa patung Dewa, melainkan perupaan Resi yang diibaratkan dewa tertentu. Bahkan, dari fisik patung tersebut juga terlihat bahwa karya ini diduga kuat dipakai manusia zaman untuk peribadatan di rumah, atau seperti pemujaan yang disebut "Sanggah".

"Dari temuan yang berada di lahan galian milik masyarakat itu, maka kami belum berencana akan melakukan ekskavasi. Hal ini karena potensi pendalaman di tempat ini sepertinya sangat kecil, sebab kuat dugaan bukan merupakan benda bersejarah dari bangunan candi, tapi hanya Sanggah. Ini juga tampak dari patung resi, yang terlihat jelas ada kumis di wajahnya," terang Nonuk.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video